Skip to main content

8 tempat wisata di pangalengan yang sayang kamu lewatkan

8tempat wisata di pangalengan yang sayang kamu lewatkan-Akhir pekan sudah  biasa di banadung di banjiri pengunjung dari mana-mana termasuk dari jakarta dan kota kabupaten di jawa barat, maka tidak heran jika macam akhir pekan atau tanggal merahnya di banyak di akhir pekan maka bandung akan di serbu para wisatawan , tapi tahukan anda jika kamu merasa itu-itu aja

ngebosenin tempat di bandung merasa gak ada yang unik, coba deh kamu berjalan sejauh 50 km  ke sebelah selatan kota bandung , yaitu tepatnya di pangalengan, di sana banyak sekali spot unik dan bentang alam yang sayang jika di lewatkan,

Nah kira-kira spot apa aja sih yang perlu kamu kunjungi di akhir pekan yang da di pangalengan biar akhir pekan kamu menjadi terkesan , simak ya

# Kebun Teh Malabar


kebun-teh-malabar-pangalengan
suasana kebun /credit google


kebun-teh-malabar-bandung


kebun-teh-malabar-pangalengan-notes-asher
suasana kebun teh/credit google


kebun-teh-malaba-pangalengan


Perkebuna teh malabar merupaka surga permadani yang hijau  yang membut siapa saja memandanginya pasti terpesona kerna keelokan bentang alam di malabar, kebun teh inI di didirikan oleh salah seorang tokoh belanda bernama tuan boscha, sejak beliu menjadi tuan tanah lalu beliau membuka lahan untuk di tanam teh dan juga membut pabrik teh juga sebanyak dua pabrik
Baca Juga: Di bandung sekarang ada kereta domba lho, mau tahu di mana tempatnya yuk cari tahu
Perkebuna teh malabar tanah ketinggian 1500 dari permukaan laut menjadi tempat yang ocok di tanami berbagai macam tanaman terutama teh hijau teh yang di hasilkan dari pabrik malabar di ekspor ke Eropa dan Afrika

Inign memanjakan mata sejauh memandang , maka kebun teh malabar ini tempatnya, udara yang dingin dan seseli berkabut, dan hamparan kebun teh yang luas manambah suasana hati menjadi tenang dan menyejukam dan sesekali cuitan burung dari kejauhan membuat hati adem dan merasa diri terasingkan tenggelam dalam suasana hening

Selain tiu juga tersedia sekolakh, lapangn bola dan rumah bedeng warga yang berderet di tengah hamparan kebun teh ini, membuat kita merasa kagum suasana perkebunan yang indah nan cantik ini

# Kebun Teh Cukul




kebun-teh-cukul-enak-dipandang-mata

kebun-teh-cukul-notes-asher

rumah-tuan-dolit-cukul

kebun-teh-cukul-yang-bikin-adem

kebun-teh-cukul-yang-bikin-kangen



Kebun teh cukul kurang lebih 5 Km dari kota pangalengan menuju ke sebelah selatan pangaleangan-cisewu, cukul ini tempat yang cocok unutuk mendinginkan perasaan dan hati yang sedang galau,

tempatnya mirip dengan perkebunan teh malabar namun ini lebih luas lagi,  dan juga hening pun akan tercipta di sini, dan selain itu juga kita akan melihat deretan rumah warga, lapangna bola, rumah tuan tanah, yang masih  berdiri megah di pinggir jalan memuat kita merasa di negeri jaman dahulu kala dan sini juga sering di pakai preweding teruama di rumah yang berdiri kokoh itu, kerna mungkin di sini nuansa eropa klasik dan sejarahnya masih melekat

# Puncak Giri Cimodol/ Sunrice Point


 memang taman ini berada di kebun teh cukul,  letaknya 100 meter dari jalan raya Pangalenga-Cisewu, disana kamu akan merasakan berasa di puncak bukit yang tinggi dan akan merasakan heningnya suasana kebun teh dan juga menikmati udara sepoi-sepoi yang berasa menusuk ke tulang,, apalagi kamu datangnya di pagi buta,  dan juga jika di pagi hari akan meliahat sunrise yang indah dan cantik, sambil di tiup angin yang sepoi-sepoi mengehempaskan rambut yang terurai

# Makam  Boscha




makam-boscha-pangalengan-malabar


makam-boscha-pangalengan


patung-makam-boscha-malabar


makam-boscha-pangalengan-bandung


Makam Boshca ini adalah salah satu pria tuan tanah di era tahun 1928, beliau terkenal daengan jasanya membuka perkebunan teh malabar dan pabrik, beliau meninggal 28 Nov 1928,

dan menurut penjaga makam boscha ini, beliau meninggal kerna penyakit tetanus akibat jatuh dari kudanya di gunung Nini

Sesuai dengan permintan beliau jika meninggal beliau ingin di makamkan tidak jauh dari perkebunan teh malabar cikal bakal beliau, dan makannya itu macam hutan kecil di kelilingi pohon besar dan di bawahnnya bersih karne ada penjaganya dan makamnya di buat unik seperti makam orang-orang Eropa,

nah jika kamu ingn masuk ke lokasi makam Boscha kamu cukup membayar Rp. 7.500/orang dan boleh photo-photo dan juga tidak ada kesan anker, justru merasa enak dan teduh di bawah rindangnya pohon yang besar

# Situ Cileunca

Situ ini menurut kake saya di bikin pada tahun 1918, yang mana di buar oleh rakyat Indonesia secara kerja Rodi/Romusha dan di fungsikan untuk persediaan air, mengairi perekbunan sayuran, persediaan ari bersih untuk kota Bandung dan Kab. Bandung dan juga di jadikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA),  situ cileunca jika musim kemarau tiba di pinggir-pinggir tanah yang kering seringg di jadikan kebun untuk tanaman jagung, kacang,  dan tanaman lainnya yang memeliki masa panen cepat,  tapi ketika musim hujan tiba airnya sampi melumer ke tambak dan kondisi air terlihat keruh

situ-cileunca-pangalenan-bandung


situ-cileunca-pangalengan-notes-asher
adem


situ-cileunca-bandung
situ cileunca


situ-cileunca-bandung-body-rafting
 jembatan merah (credit google)


situ-diceunca-mantap-banadung-trip
Jembatan merah di pakai untuk preweding


situ-cileunca-enak
asem sekai yah

Tapi jika akhir pekan tiba situ cileunca ini jadi magnet untuk para wisata yang hobby olahraga air dan kuliner buah strawberry, dayung dan kadang sesekali di jadikan untuk melatih fisik para taruana TNI dari Pusat Pendidikan TNI Pangalengan atau ospek dari perguruan tinggi,

dan bagi kamu yang hobi selfi ada nih  yaitu jembatan merah/jembatan cinta , yaitu jembatan yang memanjang  di cat merah yang di fungsikan sebagai jalan penghubung warga, tapi kenyataanya di pakai untuk selfi asyik dan  jadikan preweding untuk sebagian orang, sebab di anggapnya tempatnya cantik dan air yang jernih terlebih jika di musim kemarau,

tapi di sini juga ada mitos yang melegenda /pantrangan (larangan) yaitu menyasar untuk khusus masyarakat garut di larang mandi di Situ Cileunca,

Mitosnya adalah Suta perna di bunuh oleh orang Garut dan meninggal tragsi, Suta adalah salah satu mandor yang bengis dan kasar dan juga kejam dan tidak segan memukul pekerja yang leha-leha, pada jaman romusha

Suta meninggal di tangan anak buahnya sendiri dengan menggunakan ekor Ikan Pari sampai meninggal di tempat

dan ikan pari ini sampai saat ini di percaya sebagai ekor ikan yang mematikan dan belum ada obat yang bisa menyembuhkannya

Nah kamu masih percaya denga mitos itu? walahu alam

# Kolam Renang Cipanas Cibolang

cipanas-cibolang-pangalengan
kolam renang cipanas cibolang


kolam-renang-cipanas-cibolang-notes-asher
cibolang/Pangalengan

Kolam renang pada umumnya dingin dan jikalau gak ada gunung berapi. Makanya jika ada kolam renang panas sudah di pastikan ada gunung api di dekatnya ,gak mungkinn ada air panas jikalau bukan dari gunung api keculai di bantu dengan bantuan alat pemas air,

nah di panglengan ini ada salah satu kolam renang yang ramai jika akhir pekan yaitu kolam renang cibolang, sumber air kolam cibolang berasal dari gunung Patuha, sejak dari dulu mengeluarkan panas  dan membentuk kawah dan mengeluarkan uap, maka dari itu oleh pemeritah di jadikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG), makanya tempat penyulingannya mengular panjang ke kebun the. dan gunung patuha ini tidak henti-hentinya mengeluarkan gas alam ,

maka dari itu kalau di lihat dari Puncak Giri Cukul akan kelihatan mengeluarkan asap putih membumbung tinggi ke angkasa

Tiket masuk ke kolang renang cibolang adalah Rp 20.000-Rp 35.000/orang dan harganya cukup murah karena sebanding dengan fasilitas yang kita dapat

 nah apa bedanya 20k dan 35k untuk yang 25k hanya bisa menikmati kolam renang sebagian , dan untuk yang tiket Rp 35 dapat semuanya

# Danau kertamanah pangalengan

Danau kertamanaj sedikit lumayan jauh dari  kota pangalengan, letaknyaa di perkebunan kertamanah, danau ini di fungsikan oleh masyarakt sebagai kolam cadanga air untuk mengairi tanaman mereka, namun sekarang di tambah fungsi lain menjadi tempat wisata , namun masih free entri, enak kan? Tempanya sejuk dan jauh dari keramain , jadi cocok deh jika main di akhir pekan ke danau kertamanah ini

# Situ Cisanti

situ-cisanti-pangalengan-bandung-notes-asher
credit google/situ cisanti
Situ Cisanti memeliki air jeernih, gar, oke, kamu tahukan sungi citarum? Kalau orang bandung pasti tau dong, nah situ ini berada di hulu sungai citarum , tempatnya di kampung tarumajaya kecamatan kertasari kabupaten bandung

Akhir-akhir ini presiden kita juga peran mengunjugi situ cisanti, dan membibitkan ikan sebanyak 5  ton untuk di sebarkan di situ cisanti, memang tujuan dari persiden datang ke hulu sungai citarum untuk membuat sungai citarum menjadi bersih, jangan sampai terus di cap citra negartif di masyrakat  dampak negatifnya bisa merugikan lingkungan

Bagaimana dengan tiket masuk Cisanti

Masalh tiket di sini bukan masalah kerna murah banget yaitu hanya 7,5k dan itu termasuk bayar parkir

Nah kira-kira kamu mau memilih tempat wisata yang mana nih?yang akan kamu kunjungi di akhir pekan nanti?

***
Happy nice day
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar