Skip to main content

Comjurig mengenal komunitas hantu gentayangan di jalan Asia-Afrika Bandung

Mencari duit untuk ukuran jaman sekarang memang tidak ada batasnya seperti halnya komunitas jurig di Bandung ini mereka menamai komutias ‘’Jurig’’ emang kedengarannya lucu dan menakutkan, akan tetapi memang itu nama komunitas mereka, kalau orang sunda jurig itu adalah setan/ kunti lanak, setan belek dan lain-lain

Ya betul nama jurig adalah nama lain dari setan, ririwa dan sebangsa dedemit, iblis kunti dll, kedengarannya memang menakutkan, nah apakan hama komunitas ini apakah memang teridir dari jurig, setan dan iblis?, duh namanya serem banget ya hihihih, kendatipun  nama komunitas ini jurig tapi anggotanya manusia ko, jangan takut ya,

Salah satu komunitas jurig di Bandung adalah comjurig menamakan komunitas ini memang mereka melalukan profesi yang gak ada di sekolahan, yaitu profesi jurig, wah namanya seerm banget  hiiihih

Komunitas comjurig adalah komuitas hantu-hantuan di jalan Asia-Afrika Bandung yang mana kerjaan mereka adalah layaknya hantu sungguhan jikalau hantu atau setan beneran datang di malam hari atau mendatangi orang pacaran, nah kalau comjurig ini muncul di siang bolong,

Nah kenapa mereka bisa datang?
 Jikalau setan beneran datang di malam hari dan saat sepi, nah setan di Jalan Asia Afrika datang di siang hari di saat pengunjung sedang ramai

Yang menarik dari komunitas komjurig adalah menggunakan kostum sungguhan warna putih lengkap dengan makeup dan di buat dengan semirip mungkin hantu, dan di tambah lagi membawa perlengkapan layaknya di film hantu, seperti tulang manusia, kepala tengkoarak, palu, tongkat, tombak  dan kadang pakai bau wangi melati yang semerbak terlebih untuk hantu kunti lanak? tahu kunti lanak?, itu lho yang rambutnya gimbal tapi kecil yang senyumnya cekikikan

komjurig-hantu-asia-afrika-bandung-notes-asher
Kemana nih kepalanya? ko gak ada sih

komjurig-hantu-asia-afrika-bandung-notes-asher-bandung
Komjurig lagi Pacaran dengan Manusia wkwkk

Profesi mereka adalah menghibur anak-anak dan pengunjung yang sengaja datang  ke jalan Asia-Afrika, mereka bersarang di sana dan kegiatan disana pulak, dan biasanay mereka kalau tidak ada pengunuju mereka diam di salah satu sudut ruangan hanya mengobrol dan sambil makan-makan, nah ketika ada pejalan kaki mereka keluar menampakan diri, nah tidak sedikit pengunjung merasa ketakutan kerena datang secara tiba-tiba, tapai mereka itu baik dan ramah lho, dan yang paling seneng kalau ada anak kecil terus ketakuan, tapi lebih senang lagi di ajak photo dan di bayar

Baca juga: 8 tempat wisata Bandung yang dekat dengan alun-alun

Dilansir ayobandung.com bawa komunitas comjurig ini memeliki 20 orang  dan kian hari kian meningkat jumlahnya, hal ini seiring dengan daya tarik masyarakat terhadap hiburan cukp meningkat

Kapan Mulai Gentayangan


comjurig-asia-afrika-bandung-notes-asher
credit google

Mereka biasanya tiap  hari mulai gentayangan jam 12.00 siang sampai malam jam 22.00 nah dimana mereka itu berganti kostum? mereka berganti kostum menjadi jurig di dekat jalan Soekarno kalau dulu sih jalan Cikapundung, mereka bersolek dan berganti kostum mistis, kunti dan juga pocong tergantung minatnya apa, biasanya menurut beliau tiap hari ganti-ganti kostum mistis nya ada hari ini pocong nah hari besoknya bisa jadi hantu yang lain

Setelah mereka berkumpul dan sudah lengakap dengan kostu mistisnya mereka berangkat menyerbu jalan Asia-Afrika sambil membawa celengan masing-masing, mereka berjajar atau berlindung di bawah pohon, jika tidak ada orang yang lewat, tapi ketika ada manusia yang lewat ke sana mereka menampakan diri untuk di ajak di photo

Bayar berapa per kali photo bersama mereka? Untuk bisa berphoto dengan jurig kita bisa bayar Rp 2000/kali photo dan mereka tidak mematok harga khusus

Setan legal


comjurig-asia-afrika-bandung
comjrig bandung

Menarik memang setan di  jalan Asia Afrika ini mereka memeliki izin dari Dinas Kebudayaan dari Kota Bandung, karena mereka terbukti memeliki ID card yang resmi, beda dengan jaman dulu sering di burak-barik sama satpol PP karena di anggap mengganggu pengunjung,  namun sekarang mereka justru lebih santai mejalankan profesinya sebagai ‘’Jurig’’ karena adanya surat izin yang resmi


Kegiatan lain selain menjadi setan di Asia-Afirka


Mereka sering di panggil oleh acara komunitas, pernikahan dan acara reuni, dan mengadakan kegiatan pungut sampah yang ada di jalan Dago, jalan Asia Afrika mereka sambil pakai kostum mistis juga mereka juga ikut pungut sampah ketika sampah di buang begitu saja oleh pengunjung

Setan berprestasi


Prestasi yang pernah di raih adalah memeilki sebagai Orginal Record Indoesia tentang kategori menembus batas eksterme. ORI adalah salah satu rekor resmi rekor dunia dan Record Holder Republik yang bermarkas di Inggris dan USA

Wihh menarik yah setan comjurig ini sudaha masuk record dunia, nah kamu kira-kira mau bikin record apa lagi sih, yang belum ada gitu,,?

Menarik yah comjurig ini,

*) Featured Images: Instagram @08_seedrof__08

****
Happy nice day
Comment Policy: Hallo !! Salam sehat untuk kita semua, salam kenal dari Blogger Cisewu-Garut.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->