Skip to main content

Gambar gong terbesar di jawa barat berada di kecamatan talegong atau alun-alun talegong kabupaten garut

Gambar gong terbesar di jawa barat berada di kecamatan talegong atau alun-alun talegong kabupaten garut-Taman, yuk kita membicarakan taman lagi ah sebelumnya taman yang berada di bandung, taman apalagi yang kita bahas taman kali ini, hahah, 

Taman di bandung kalu di hitung-hitung lebih dari 10 taman yang di buat terutama setelah bapa ridwan kamil menjadi wali kota, taman bagi warga bandung sangat perlu banget mengapa di bilang perlu? Kerna keberadaaa taman in selain temapt warga melepas cape sertelah melakukan pekerjaan seharian juga sebagai tempat untuk bertemunya orang-orang mengenal satu sama lainnya

kerna beberapa tahun terkhir di bandung sedikt ruang terbuka hijau dan taman era di jaman pa ridwan di bikin taman-taman tematik yang memanjakan para peduduk di kota bandung

goong-terbesar-ada-di alun-alun-talegong
Goong alun-ln-Talegong
Maknaya ketaika bapa ridwan kamil jadi wali kota kemudian beliau mengaggas membuat taman, maka sangat di apresiasi positif oleh masyrakat bandung, dan ternyata oh ternyata bukan hanya di bandung saja yang membuat taman , tapi di tiru oleh beberap akabpaten juga seperti di talegong ini pemerintah daerhanya membuat taman juga, berarti keberadaan taman itu sangat di butuhkan , unutk warga disetiap daerah tidak terkecuali di taglegong ini

Baca Juga: Kenapa Kopi hitam menjadi kambing hitam penyebab sakit maag, perut kembung dan mual

Awal di buatnya taman talegong

Sebelaum taman talegong ini di bikin sebelumnya adalah lapang bola yang mana setiap akhir  pekan, ramai  di gunakan oleh warga untuk olahraga seperti lawatan antar kampung, lawatan antar desa, namun semenjak di bikin alun-alun talegong, kegiatan masyarakat mandeg

Nah yang jasdi pertanyaan ,kemana pindahnya lapangan bola yang biasa masyarakat gunakan setiap akhir pekan itu? Apakah ada lapangan penggantinya atau tidak , jika tidak ada  mungkin bisa mematikan aktivitas warga terutama di bidang olahraga seperti voly dan sepal bola

Yupss…Taman telegong , di bangunnya belum lama ini  kalau di hitung-hitung mungkin baru 3 tahunan lebih soalnya di bangunnya taman talegong ini seiring dengan di bangunnya taman-taman di kota bandung pada waktu itu, di bandung lagi gencar- gencarnya membangun banyak taman ,nah taman talegong juga di bangun ya kalau gak salah tahun 2015-an .
Kalau salah boleh di koreksi ya kawan…
gambar Gong besar menjadi  ciri  khas alun-alun talegong

Gong besar perlambang taman Alun-Alun Talegong

Goong nama goong adalah salah satu alat musik tradisional  jawa barat yang sudah melegenda sejak ratusan tahun  silam, alat musik ini jika di mainkan  mesti satu pasang antar goong yang gede dan yang kecil, dan goong  ini merupakan alat kesenian khas sunda banget, dan jika kamu minat pengen belajar nabuh goong tidak membutuhkan waktu berhari-hari untuk sampai bisa, kerna tidak serumit alat musik modern sekarang

nah jika kamu ingin belajar nabuh goong mungkin satu hari saja udah bisa kerna saking mudahnya, dan nabuhnya hanya menggunakan pentungan yang di buat mirip  buah nanas dan itu hanya satu pentungan saja, dan suara yang di hasilkan dari goong ini  jika di tabuh agem alias suaranya mengelegar, terutama goong ukuran besar

gong-alun-alun-talegong-garut
Nuranti Pictures

gong-alun-alun-talegong-garut
Nuranti Pictures


main-ke-alun-alun-talegong
Nuranti Pictures

Gong ini biasanya di gunakan  di saat hajatan atau acara di kebudayaan sunda kerna jika goong ini tidak ada maka kombinasi musik yang di hasilakan kurang halimpu, you know halimpu, kurang enakeun lah kalu kata orang sunda mah,, (kurang enak di dengar), jadi setiap musik wayang, calung, pencak silat, sunda klasik, keberadaan goong ini perlu hadir dalam setiap jenis kesenian sunda ini

Back to topic

Nah yang menjadi ciri khas dari taman ini adalah ada gambar goong yang besar berwarna kuning  emas sebanyak 2 buah, dan ini merupakan salah satu lambang  dari alun-alun talegong

Dan dibuat lebih dari satu, dan juga di sana ada semacam tiang-tiang yang besar dan tinggi kalau di hitung-hitung lebih dari 3 meteran yang di ukir berwarna putih macam tiang keraton gitu, saya lupa namanya, dan tiang-tiang tersebut ikut andil menghiasai keindahan alun-alun telegong tersebut

Pengunjung alun-alun talegong selalu ramai pengunjung tidak terkecuali hari kerja


Taman talegong hampir ramai setiap hari terutama di kunjugi oleh anak-anak remaja usia  sekolah SMP dan SMA , dan yang paling banyak lagi jika tiba akhir pekan bisa jadi taman ini kaya pasar, dan juga pengunjungnya bukan hanya warga sekitar tapi dari luar kecamatan seperti dari kecamatan cisewu dan kecamatan pangalengan pula ada

Nah apa sih yang menjadi daya tarik main ke alun-alun telegong  ini? Yang menjadi taman ini begitu banyak di kunjungi warga adalah selain letaknya yang stragtrgis yaitu beradai di pinggir jalan pangelngan-cisewu, dan juga berada di puncak gunung, jadi jika kamu mengunjugi taman ini kamu akan di suguhkan pemandangan pegunungan yang indah terlebih jika musim kemarau tiba , maka semua pengunungan bisa terlihat dengan jelas seperti melihat ke desa sukamaju dan desa sukalaksana dan juga kamu yang suka  photo viewnya baik banget kerna terbukti di sosmed banyak di photo di taman alun-alun talegong ini

Makanya ketika bulan suci tiba, jangan heran jika setiap sore alun-alun talegong selalu penuh oleh anak dan oran tua, kerna mungkin mereka menghabisakan hari untuk ngabuburit di sana, dan yang menark lagi bulan puasa pedagang lumayan banyak, teruatama menu buka puasa seperti bubur, sirup, buah, dan lain-lain

Selain itu juga di dekat alun-alun talegong ini di bangun beberpa stan warung kecil nah jik kamu haus, lapar, cocok banget dah sindang dulu di sini,  yah,, apalagi kamu habis melakukan perjalan jauh misalnya,

Nah  jika akhir pekan tiba di sini banyak penjual yang mejajakan daganganya baik makana dan beragam jenis pakaian dengan harga miring , dan penjual yang hadir di sana biasanya dari luar kecamatan talegong ada dari pangalengan, bandung dan juga masyarakt di sana

 Mungkin seperti pepatah kuno “ada gula ada semut’’ semenjak alun-alun talegong ini di bangun, warga membangun tempat-tempat istriahat di sana, sambil mnejual makanan kecil maupun makan berat seperti nasi pembakaran ikan, dan ada juga yang menjul makanan khas di sana, apa itu? banyak dah pokonya

 Nah apalah kamu tertarikik main ke sana atau hanya sekedar selfi ajah? Nah jika kamu punya rencana perjalanan ingin mengunjungi objek wisata garut selatan seperti pameungpeuk dan rancabuaya misalnya, kamu jangan lewatkan selfi dul di alun-alun talegon selain melepas leleah kamu jug akan di suguhkan pemandangan yang aduhai,,,

Apalagi di temani  kelapa muda+es ,kerna semua makanan di sana ada, kamu jangan khwatir, dan yang terbaru ada spot selfi yang ada di sana yaitu lolongokan, spot ini baru di bangun belum lama ini, di sini juga tidak kalh menarik, tapi untuk masuk ke spot selfi lolongokan kamu harus mengeluarkan duit Rp. 5000/orang dan parkir free, murah kan?
Oke, ayo main ke sana ya…

Nah jika tidak ada schejdule diakhir pekan , boleh deh maen ke kecamatan talegong , kabupaten garut
Nah lokasinya, jika kamu dari bandung, ambil aja ke arah banjara-pangalengan- kebun teh cukul-talegong-cisewu , nah taman ini berada di antara jalan pangalengan –cisewu,
Dan jika ada rencana ke pantai Garsel, emang kelewatan banget
Mudahkan  menemukannya?

****
Semoga bermanfaat ya

God bless you 
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar