Skip to main content

Ingin merasakan udara sejuk? Danau cileunca Pangalengan pilihannya

Yuhuu, siapa sih yang gak suka liburan ? kamu suka kan?iya kan,, kan,,,(iya ja deh,,) kalau ngomongin liburan siapa sih yang gak suka

Orang akhir pekan atau libur kerja virus yang menyerang dalam pikirannya adalah liburan, belanja, nonton atau tidur, pacaran (bagi yang punya dan yang gak punya zikir aja), atau mungkin bagi anak yang religi menghadiri acara tablig akbar, ngaji bareng , dan mengunjungi tuna, seperti tuna wisma dan panti,

Kalau ngomongin liburan pasti semua orang suka, tapi permasalahanya adalah mengatur waktu dan uang ,itu kedua itu tidak bisa di pisahkan,


Tapi gimana caranya supaya ada waktu dan ada uang, caranya adalah  menabung atau menunggu hari raya, kerna di hari raya bisa dapat THR dan juga di beri  waktu libur panjang itu khusus karyawan sih, kecuali kamu pengusaha beda cerita

Baca juga: Mengirim pesan gambar whatsap pecah, gunakan teknik cerdas ini

Orang jaman sekarang libuan itu sepertinya sebagai prioritas utama, kerana beranggapan seminggu penuh mereka berkutat dengan pekerjaan kantor, banyak interaksi dengan klien, meeting, ngerjain tugas, dll dan pasti mereka merasa jenuh,  jadi larinya kalau  stress itu memang harus jalan ke tempat yang,menarik dan yang membuat segar kembali agar ketika saat masuk kerja pikiran menjadi fress kembali

Dan ada juga penelitan yang menyatakan orang yaang sering melakukan perjalan atau liburan jauh lebih produktif di banding dengan orang hanya berdiam diri dan berkutat denga pekerjaan, ini menurut studi lho

Danau yang rekomendaiksan untuk kamu yang akan liburan adalah danau cilunca, kenapa danau cileunca menjadi pilihan buat kamu? Selain lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota bandung juga menganai suasana alamnya yang beda, jadi endingnya kamu akan mendapatkan pengalaman berharga setelahnya, danau Cileunca ini memang unik dan juga memeliki beberapa wahana yang cocok bagi kamu yang  suka olahraga air

Lokasi Danau Cileunca


danau Cileunca berada di kabupaten bandung, tepatnya di Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung

Nah kalau kamu berencanan liburan ke  danau Cileunca tidak sulit di tempuh kerna jalan bagus kerna termasuk jalan provinsi, hanya memakan waktu 2-2,5 jam sudah sampai ke lokasi jika kamu datangnya dari kota Bandung

Ilustrasinya gini ya,, kamu dari bandung, ambil arah ke Banjaran, nah dari Banjaran ambil arah Pangalengan (belok kiri), terus saja sampai Pangalengan dan dari situ 1,5 km ke lokasi menuju jalan Pangalengan-Cisewu , dan jikalau kamu merasa ragu bisa menggunakan GPS

Tiket masuk ke Danau Cileunca Pangalengan


Tiket masuk situ Cileunca murah banget dan tidak bikin muka kusut, untuk orang dewasa 5k/orang dan bayar parkir kendaran 2k/sepeda motor
Dan untuk, mobil pribadi 5k/kendaraan dan untuk bus rombongan lebih mahal lagi sampai 20-50k/kendaraan

situ-cileunca-pangalengan-kab-bandung-notes-asher

Wahan yang bisa kamu  nikmati di Situ Cileunca


1. Kebun strawberry dan arbei dan bisa petik sendiri


kebun-strawberry-pangalengan-bandung-notes-asher

Kamu berniat mengunjungi kebun strawberry dan arbei kamu harus berani naik perahu, kerna lokasinya jauh dari tempat masuk

Kamu tinggal sewa perahu sebesar 25k/perahu dan bisa di tumpangi oleh 5-7 orang. dan menurut saya harga segitu sih murah, lagian  bukan di sewa oleh sendirian kan

Dan harga sewa perahu ini relatif, kalau akhir pekan bisa mencapai 35k mungkin kerna banyak peminatnya, tapi tergantung kondisi, kalau ramai ya pasti mahal, kalau sepi 25k juga di tarik

Apa yang menarik dari mengunjugi kebun strawberry dan arebi ini, kamu bisa memetik sendiri, icip-icip  juga bisa , tapi ada tapiny nih walau petik sendiri harganya tergolong mahal, dan saya kira kalu metik sendri itu harganya lebih murah

Harga strawbery per kilo adalah 30k, arbei 25k,  menurut saya harga segitu murah di banding beli di supermarket, belum lagi sudah lama di freezer,

2. Mancing mania


Nah ini cocok deh bagi anda yang suak mancing, di sini juga bukan hanya menyediakn tempat pelesir tapi ada juga lho tempat mancing, namun jika kamu berencana mancing harus di kompromikan dahulu dengan pihak pengelola, kerna ada tempat khusus

3. Tempat pembelian ikan segar


Ikan segar yang di jual di danau Cileunca tergolong baik, kerna di budidayakan di danau Cileunca yang jernih, namun penjualan ikan tawar masih terbatas kerna tidak adanya keinginan warga untuk membut tambak ikan, beda dengan waduk Cirata, di sana waduk itu di fungsikan sebagai tambak ikan dengan menghasilakan jenis ikan tawar super seperti ikan nila, mujair dan ikan renin

4. Olahraga dayung perahu


Liburan ke danau kemudian ada fasilitas seperti perahu,  pasti penasaran kalau belum mencoba dayung perahu, akan tetapi di Cileunca jikalau sendiri masih belum di bolehkan dan minimal 2-5 orang, mungkin di takutkan terjadi sesuatu

satu perahu karet bisa di gunakan 8 orang, dan masalah harga lumayan mahal, 150/pax

Kalau kamu punya rencana ingin mencoba dayung kamu harus bawa rombongan , minimal 10 orang, atau bahka lebih , kerna akan di masukkan ke dalam paket khusus dan paket juga ada kelasnya , kelas termurah itu 150k/pax sampai termahal 650k/pax itu sudah termasuk makan, minum, nginap 1 hari dua malam,

Nah bagaimana orang pertama banget naik perahu karet? Tidak masalah keran di sertai pengaman khusus yang memungkinkan kita selamat dari tenggelam

5. Olahraga rafting


jembatan-cinta-situ-cileunca-pangalengan-bandung-notes-asher
Olhara di sungai Palayangan Pangalengan
Rafting ini di khususkan bagi mereka yang memeliki nyali , kerna para hobi rafting di tuntun harus kuat, berani dan jago mengambil resiko, tapi walaupun kamu awal bangaet rafitng ada kok si guide ini yang mengaturnya jadi tinggal kita mah pakai kostum rafting, kemudain  naik perahu dan selesai, dan biasaanya orang yang awal banget rafting di simpan di tengah, dan yang sudah mahir di depan dan di belakang

Sungai yang di gunakan rafting adalah sungai yang menuju PLTA , karena karakteristik sungai itu gak terlalu curam dan batu-bautan  tidak banyak dan mudah di kendalikan jadi jangan khwatir kamu akan jatuh sebab sudah aman ,dan kalau kamu sakit juga ada bagian P3Knya. jadi mantap dah pokonya

6. Spot selfi di jembatan merah/ Jembatan Cinta Situ Cileunca


jembatan-cinta-situ-cileunca-pangalengan-bandung-notes-asher


Jembatan ini kalau kita lihat di lihat jepretan photo para maniak selfi , kaya di luar negeri, jembatan ini tidak lama di buat, tapi pengunjungnya lumayan banyak, sebetulnya jembatan merah di fungsikan sebagi jembatan penyebrangan warga yang menghubungkan kedua desa namun berhubung jembatan merah ini di bagus dan di cat warna merah terang jadi rame 

Yang paling ramai di  kunjungi di terutama di saat hari libur dan akhir pekan
Dan di dominasi anak-anak ABG yang datang dari kota bandung, kabupaten bandung dan dari Garut

Dan tidak kalah menarik lagi orang yang lewat aja kalau suda melihat  jembatan merah mereka turun dari kendaraan dan selfi di sana hihi, seakan memeliki daya tarik tersediri gitu,terlebih macam bulan puasa , pasti di tambak danau Cileunca ini rame banget, terutama warga lokal yang sengaja ngabuburit

Dan walapun tempat ini cantik, Alhamdulilah tidak paket tiket alias gratis, dan hanya bayar parkir saja 2k untuk sepeda motor

Nah itu ya mengenai fasilitas yang ada di Danau Cileunca di pangalengan kabupaten Bandung
***
*) Featured Images: Instagaram
Happy nice day
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar