Skip to main content

Kebiasaan buruk yang membuat smartphone kamu cepat rusak

Semua orang kayanya pasti sudah punya smartphone kan yah? Kamu juga punya kan hape yang layarnya di colek-colek gitu hihi

Makin pintarnya hape  justru memeliki kerentanan terhadap kerusakan itu sangat tinggi, kerusakan itu bisa jadi karena pemakaian fisik yang salah atau kerusakan dari dalam seperti kerusakan sofwear atau dalamnya yang di akibatkan karena virus

Jika bicara masalah awet tergantung ke pengguna itu sendiri, jika kita apik tentu saja barang akan awet, tapi jika kita kurang apik, bisa jadi umurnya gak lama baik itu kerusakan komponen luarnya maupaun dari dalam

Seperti conoth bapak-bapak menggunakan hape paling awet menurt saya, kerena mereka itu, saat di charger di biarkan gak di pake, dan baru di pake saat ada panggilan masuk, ada sms dan sesekali mungkin buka email kalau pegawai kantoran, kalau petani mah di mana tahu buka email

Nah kebaisaaan apa saja sih yang membuat hape smartphone  kita cepat rusak itu? simak nie,, siapa tahu bermanfaat atau mungkin ada salah satunya di bawah ini yang biasa kamu lakukan

kebiasaan-buruk-yang-membuat-smartphone-cepet-rusak-notes-asher


#Jangan salah memilih pelindung smartphone


Hati-hati juga yang smarponenya pakai pelindung, kamu jangan salah memilih, ya, misalnay kamu beli anti gores, nah beli yang agak mahalan dikit lah bro, hihi,

Baca juga: Burung pipit yang hidup bergerombol dan sekaligus musuh petani

 jangan cuman harga 5k/3 biji, ya maksudnya jangan yang murah banget ya, dan untuk memilih bahan sofcasenya pilih bahan yang mudah menyerap panas, ada tuh banyak di jual di pasaran, tinggal sediain aja duit, kalau masalah barang mah gimana duit  atuh ya, duit gede pasti dapat barang bagus ya gak?

Keran untuk  sekarang mah banyak tuh sofcase dengan harga murah, padahal kwalitasnya tidak tahu seperti apa

#Sering di gunakan sambil di charger


Tidak jarang orang sering di pakai saat smarphone lagi di charger, misalnya di gunakan  main game, SMS-an, cahatting, nonton film, dll, padahal jika ini terus dilakukan terus menerus bukan tidak mungkin dengan waktu singkat baterai smarphone lambat laun akan segera rusak

kalau bisa gunakanlah smarphone setelah baterai penuh, dan juga gunakan alarm ketika batrai sudah penuh seperti aplikasi android’’ full batrai’’ tinggal unduh di play store, ini untuk tidak kelebihna daya, karena efek kelabihan charger itu bisa baterai mengembung dan akhirnya boros dan minta di ganti

#Gunakan charger bawan dari vendor


Kalau kita lagi main tiba-tiba baterai smarphone kita lowbet, minjemlah ke temennya karena gak bawa chargeran nya minjemlah ke temannya, padahal itu tidak di sarankan, bukan tidak di sarakan meminjamnya tapi masalah jenis chargerannya yang tidak disarakan terlebih hape teman itu beda dengan hape kamu, kalau sama-sama satu brand gak masalah sih,

Tapi gunakan chargeran sesuai dengan jenis smarphone yang kamu punya, karena tiap chargeran memeliki kapasitas  daya yang berbeda, misalnya charageran samsung sama apple beda, walapun slotnya sama tapi masalah daya hantarnya yang bermasalah, bisa jadi batrai cepet ngisi tapi batrai malah cepet rusak

Ada kalanya saya juga pernah minjem chargeran temen, jika itu kebelet tapi gak sering sih heheh,,

‘’eh chargeran kamu mah cepet ngisi, bagus yah’’,,

padahal di balik itu semua tinggal menunggu waktu , baterai yang di charger bukan yang asli akan segera rusak dan tidak bisa di gunakan

#Hindari  membeli chargeran abal-abal


Banyak tuh di pasaran harga chargeran sampai 10k nah apakah harga dengan segitu bagus, saya sarankan jangan deh, mendingan beli yang orignal jauh lebih baik, tapi itu tadi charger origina kadang harganya lumayan mahal, tapi demi keamana tidak masalah.

Kenapa beli chargeran abal-abal itu di tidak di saranakam sebab kita tahu bahwa setiap jenis smatphone memeliki arus kabel yang beda-beda, ada 2 amper, 3 amper dll

 jadi kalau menggunakan chargeran abal-abal itu kemungkian arusnya listrik tidak beraturan, sementara baterai perlu asupan yang intens dan tidak berubah, dan hasilnya itu hanya menunggu waktu saja minta di ganti

#Membuka aplikasi banyak sekaligus


Dalam smartphone memang kita akui bisa membuka dan melakukan banyak hal membuka apliksi sekaligus dengan jumlah banyak, seperti chatan, maen game, SMS-an dan yang lainnya, dan sering kali pengguna bergitu chat masuk langsung di buka tanpa di minimalisir dulu

nah kebiasaan itulah yang membuat smartphone hank atau lag, terlebih jika memori RAM yang kita miliki minim, bisa jadi dengan hitungan minggu jika itu terus di lakukan akan sekejap mati
Dan perlu di perhatikan juga setelah bosan menggunakan, tutup aplikasi dengan melihat history, dan itu perlu di bersihkan secara rutin

#Smarphone butuh istirahat


Manusia memang mahluk yang berakal bisa lelah dan merasa haus butuh minum begitu halnya dengan smartphone, walaupun benda mati tapi ada kalanya mereka butuh santai, nah jik tidak di gunakan coba kamu matikan jiga tidak di gunakan, misalnya ketika kamu tidur malam, matikan sejenak selama kamu tidur lagian siapa sih yang mau chat malam-malam, kecuali hansip, yang ngajakin ronda wkwkk

#Malas membersihkan smartphone


Semakin sering menggunakan smarphone kemungkinan kotornya sangat besar, terlebih tangan habis memegang denda yang kotor langusng pegang Smartphone

Cara merawatat smartphone adalah membersihkan dengan menggunakan  pencuci khusus Smartphone, atau pencuci khusus laptop, dan mendapatkannya mudah tinggal tanyakan kepada tukang alat Elektorinik dan biasnya ada di situ, dan harganya relatif murah hanya 5k per botol kecil ukuran 100 ml dan bisa di gunakan berulang kali juga di kasih handuk kecil yang lembut

Nah itu ya pengen ai kebisaan buruk yang membuat hape kamu cepet rusak , munkin kamu juga pernah melakukannya salah satunya di atas, ngaku aja kenapa? *maksa banget*
****
Happy nice day
Comment Policy: Hallo !! Salam sehat untuk kita semua, salam kenal dari Blogger Cisewu-Garut.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->