Skip to main content

Makan seblak Bandung membuat saya ketagihan

Jika bicara seblak maka yang teringat adalah lada, wangi bawang, dan asin itulah ketika mendengar  seblak

Seblak  ini sangat cocok di makan di siang hari saat suasanan hari panas dan Sunda:bayeungyang (keringat banyak dam perasaan tidak karuan), dan identik dengan orang bandung , nah kenapa seblak identik dengan orang bandung? menurutu beberapa sumber yang pernah saya baca, Seblak  pertama kali di cetuskan oleh orang-orang kreatif Bandung,  dan keberadaanya  sudah remaja, yaitu sejak 18 tahun silam, jadi wajar dong kalau seblak itu makanan khas Bandung, setuju ya,



seblak-bandung-notes-asher

Seblak itu kalau dulu-dulu enggak ada  yang namaya seblak semenjak saya Sekolah Dasar pun belum nongol, dulu itu kalaupun mau makan pedas  yang pedas larinya ke baso , keripik atau mie ayam di kasih sambal sebarek, biar lidah merasa puas

Baca juga: Memilih jajanan sehat saat buka puasa

By the way seblak keberaannya belum lama ini, dan di gagas oleh orang-orang Bandung, kita tahu bahwa orang Bandung itu adalah orang-orang kratif tingkat tinggi terutama hal makanan baru, makanan yang–pada awalnya tidak ada jadi ada, dan awalnya gak enak di sihir jadi enak, memang orang bandung itu top markotop dah hihih

mengapa saya bilang begitu? karena menurut saya apa atuh yang enggak ada di Bandung, semuanya juga ada? Kata orang  jakarta mah kalau mau makan enak ,dan beragam rasa pergi aja ke Bandung, memang itu bener adanya kok,,,

Nah apa si seblak itu?


Munculnya seblak sekitar tahun 2000-an ,seblak di buat dari kerupuk kemplang atau kerupuk makaroni mentah, yang di siram air panas sampai basah kemudian di beri bumbu lada atau kuah lada dan  juga di tambahin telur, ikan, daging suwir, ceker atau bisa di variasikan dengan makanan lain seperti baso, siomay, dan telur

Bumbunya adalah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit dan garam, dan cabe merah supaya rasanaya menggigit
Tapi saya merasa  aneh dengan makanan seblak ini, anehanya lagi tiap kali jajan seblak rasanya asin mulu, atau memang bumbunya seperti itu, harus asin,

Dimana kita bisa mendapatkan seblak di Bandung


Untuk mendapatkan seblak, anda tinggal pergi ke jalan-jalan atau dekat dengan sekolahan , biasanya di ara situ ada penjual seblak, dan di setiap komplek perumahan, area perkantoran ada penjual seblak jadi saya susah mengatakan di mana-mananya, karena setiap tempat sudah ada,

Nah kalau kamu kebetulan lagi di Bandung  dan ingin meraskan seblak yang enak dan ladanya pas, datang aja ke Jalan Narifan, jalan Burangrang, Sudirman di situ banyaj penjual atau  pergi ke chin town yang ada di jalan cibadak si sana pasti ada kerna pusat kuliner sudah melegenda ratusan tahun

Dan untuk di komplek-komplek perumahan biasanya ada ibu-ibu yang rajin bikin seblak dan harganya terjangkau dengan anak sekolahan, paling merogoh kocek Rp 5000 kamu sudah dapat sebalak enak dan lada ini untuk bahan standar, tapi kalau ditabahin macam ceker, baso, siomay harganya lebih mahal dan sampai dua kali lipat

Penggemar fanatik seblak terutama di bandung adalah anak-anak dan remaja dan sesekali bapa-bapa juga ada

Wangi bawang dan lada  yang menggugah selera di kala mood low dan mata ngantuk mampu membuat siapapaun ketagihan karena rasa kenyal, di tambah pedas, dan wangi bawang putih yang mengguggah selera, ini faktor penyebab seblak ini cepat populer di masyrakat Bandung pada khusunya

makanya waktu jualan seblak pun mereka menyesuaikan dengan orang-orang, dan mereka mulai jualan di siang hari sampai sore hari di saat merek yang bekerja di, sekolah, kantor mulai terserang  kantuk, nah di manfaatin oleh orang penjual seblak ini

Makanan yang mirif dengan seblak adalah Mie Godong


Nah tahu godog itu apa?  Mie godog atau bakmi godog adalah campuran mie dan suwiran ayam, tomat , lada, sayur dan bawang dan di rebus di bara api kecil masalah rasa miri fbanget dengan seblak
Itu mie ayam atau mirif baso sih mendakati itu lah hihi, yang jelas menurut saya mie godog mendekati seblak

Godog ini mirip sekali dengan seblak , namun masih kurang terkenal jika di banding dengan seblak, seblak cepat populer ke mana-mana bahkan sampai ke jakarta juga sudah ada penjual seblak macam di Bandung, bisa jadi orang jakarta mereka pergi ke bandung dan mencicipi seblak , dan terinsfirasi untuk jualan seblak juga

Seblak bisa di beli online


Nah kalau bicara bisnis pasti di bikin sesuatu itu menjadi menarik dan mudah di dapatkan, di toko online juga ada yang menjual seblak instan,yang mana kita tinggal beli , kemudian tinggal seduh dengan air panas dan sudah bisa langsung di nikmati , macam mie instan ajah

Dampak buruk makan seblak bagi  kesehatan


Yang namanyua makan enak pasti memeliki bumbu racik tertentu, walaun di katakan aman tap tetep aja kita harus hati-hati di dalamnya tapi harus ingat juga jangan mentang-mentang makan seblak itu enak dan suka pedas, nambahin cabenya seabrek, ini justru tidak bagus kerna bisa mengiritasi lambung,  dan bermasalah menjadi diare dan sakit lainnya

Nah apakah kamu suka makan seblak? Comment in this article, are you oke?
****
Happy nice day
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar