Skip to main content

Memilih jajanan sehat saat buka puasa

Alhamdulilah kita sudah memasuki bulan puasa, sukuri kita sudah memasuki bulan baik di antara bulan  lainnya iya kan,,, iya dong pastinya bagi umat muslim bulan puasa adalah bulan keberkahan, bulan beritikaf, bulan penuh ampunan, bulan menaikan derajat keimanan, dan bulan segala seumber keberkahan, misalnya sebelum puasa status masih langjang setelah bulan puasa jadi nikah, sebelum bulan puasa jomblo, sudah bulan puasa jadi punya pacar, jadi berkah kan,,, hhihi, amin

 puasa merupakan untuk memenuhi salah satu rukun islam ya ke-4 mulai dari syahadat, shalat, zakat, puasa, melaksanakna ibdah haji bagi yang mampu,, nah kira-kira kamu sudah melaksanakan berapa rukun islam tuh yang udah terpenuhi? Saya yakin yang ke empat itu sudah terpenuhi untuk kebanyakan orang ya,, walapun salatnya masih macam kulit zebra, ibdahnay masih hari jumat doang, tapi setidaknya kita sudah memenuhi, walapun belum sempurna


memilih-jajanan-sehat-di-bulan-puasa-notes-asher


Nah untuk kebanyakan orang memenuhi rukun islam ke 5 yang berat, dan bahkan masih ada yang berat melaksanakn rukun ke 4 juga, ya,, ada kan? Rukun islam yang  ke -5 ini  berat, bagi yang belum mampu? Kenapa bisa susah kerna ibadah haji itu  ibadah yang membutuhkan biaya , tenaga dan juga waktu, nah untuk kebanyakan orang mentoknya di masalah biaya kalau waktu sama tenaga mungkin bisa pertimbangkan.

Memenuhi rukun yang ke-4 adalah salah satu kewajibn yang harus di penuhi oleh seluruh umat muslium, kerna sebagaiman yang sudah tercantum dalam, al-Qur’an dan hadits,

Bulan puasa kita harus menahan lapar selama mungkin mulai dari jam 4.30 sampai nanti adzan magrib kalau di hitung kurng lebih menahan  lapar dan haus selama 8 jam dan juga bukan hanya menahan lapar saja tapi kita harus menahna nafsu pulak kan ya

bagi ukuran orang yang puasa waktu 8 jam buka waktu yang lama kerna di sela-sela itu bisa kita melakukan ibadah seperti itikaf, mengaji, melakukan pengajian  rutin di komplek rumah dan melakukan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan meningkatkn derajt keimanan dan nilai ibadah
Nah yang menjadi menarik di bulan penuh rahmat ini adalah mengenai makanan takjil,  pedagan takjil ini termasuk pedagan musima di bulan puasa, kebiasaan orang di bulan puasa dan jajanan itu beda dengan bulan lainnya, makanan takjil merupakan yang paling banyak di soroti, kenapa kerna jika membahas jajanan di bulan pusa itu gak ada matinya telebih di bandung, makan awalanya gak ada juga di bikin, jadi makin beragam

memilih-jajanan-sehat-di-bulan-ramadhan-notes-asher


Mengenai makanan takjil orang-orang mereka membuat sendiri atau beli di warung/di pedangan dadakan , dan biasanya menjamur di sore hari sekitar jam 3 jam 6.30 mereka sudah memasang lapak di bahu jalan, jadi tidak sedikit ulah para penjul ini mengurangi jalan lalu lintas jalan jadi sempit,  maka tidak heran jika melewati di pusat keramaian, jalan macet kerna penjual makanan takjil
Dan juga pedagang di bulan puasa merupakan pedagang dadakan  yang asalnya pegawai pabrik, ibu rumah tangga,  tiba bulan puasa mereka ikut mengais rezeki juga, memang bulan puasa  adalah bulan keberkahan semua umat, ya

 Makanya mereka di bulan ramadhan beralih jenis dagangan dulu, yang pada awalnya julan gorenga jadi jualan es buah, rujakan, awalnya jualan ketoprak jadi jualan jajanan takjil, menarik memang,

Balik sini,

Menurut studi menjelaskna bahwa tubuh yang  tidak ada suplai atau tidak mkan selam 14 jam baik itu cairan maupaun asupan makan , maka akan mengalami dehidarasi dan kadar gula darah menjadi low, maka di sarankan kerika buka puasa di usahakah makan yang manis, seperit halnya di contohka oleh rasul kita , yaitu beliau ketika buka puasa di awali dengan yang manis dan  tinggi serat yaitu kurma
Doker Samoel Oetoro,SpoGK seorang ahli gizi menyatakan pendapatnya bahwa makan yang manis tidak semuanaya sehat

Sudah bukan hal aneh lagi jika bulan puasa pedagang kebanyakanmenjual makan yang manis, kerna memang potensi permintaan pasar sangay besar seperti, seperi es kelapa, kolak, sirup, es pisang kelap ijo, jus, makan seperti itu memanga baik dan membuat tubuh kita segar tapi jik di konsumsi lama misalnya sebulan full takjilnya itu-itu juga , ya gak baik juga , kerna bisa saja si pembuat makan ini di campuri dengan bahan pengawet, pewarna dan bahan pemanis buatan,

Nah bagaimana biar aman? Di saat ada waktu senggang bisa membuat makan takjil sendiri, bikin kolak sendiri, camilan sendiri, kerna saya yakin makan yang di buat sendiri tidak akan mencampurkan bahan pengawet dan bahan pewarna, nah gimana kalu gak ada waktu? bisa pilihlah jenis makanan yang sederhana, warna tidak mencolok tapi tapi tinggi serat,  itu  lebih baik, dan juga jangan terpikat kerna warna yang lucu, bentuknya yang unik misalnya’’ duh kue ini lucu yah, pasti si ade suka deh?’’ duh ini warnan ya lucu banget warna warni  gini , jadi mau beli ah’’? kamu pernah kan gitu,

pembeli perlu cerdas juga bahan makan yang tinggi serat , macam jenis makan yang di buat dari bahan dasar karbohidrat, kerna jenis makann tersebut, selain seratnya banyak dan tidak membuat lambung cepet keroncongan

dr, Samuela juga menyaranakn ketika memilih jajannan di bulan puasa haru jajanan yang memeliki  serat tunggi macam buah, melon, sawo, semangka , dan buah kurma, kurma juga harus yang masih segar dan buka kurma yanga rasa manisnya dari gula,

nah  baigamana bisa membedakan kuram manis dari gula dan kurma manis alami, bisa di tanyakan ke pedagannya dan kurma manis dari gula harganya lebih murah dari kurma biasanya dan struktur kulit kurma di tambahin gula cenderung keras dan tidak kenyal

kerna tidak sedikti pedagang nakal untuk menambah rasa manis, mereka malah menabahakan gula pemanis buatan atau gula putih biasa, padahal ini tidak baik dan manisnya tidak murni, maka kita sebagai pembeli harus pandai memilihnya ya

saran terpenting coba mencari makan yang tidak di masak dengan api, tapi yang alami mislanya buah-buahan , ini justru jauh lebih baik di banding harus jajan macam es pisang ijo, es buah, tapikan ada  buahnya berarti sehat dong? Belum tentu sehat kerna ada embel-embelnya kan di kasih  pewatna makan yang mencolok  memang kalau di banding keesegarannya beda antara buah asli dan buah yang udah di olah dan di tambaha macam es dan perwarna jadi lebih menarik , tapi kita harus

memperhitungakan juga resiko kesehatan jika itu di konsumsi jangka sebulan full,
nah itu ya cara memilih jajanan yang sehat di bulan puasa, dan saya sarakan tolong cari menu buka pusa yang alami tanpa pewarna makan dan lebih baik bikin sendiri itu lebih  aman, ya
**** 
Happy nice day
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar