Skip to main content

Tips menghindari operasi zebra agar tidak kena tilang bapak polisi

Operasi zebra, wah mantap ya namanya ini he,,, kerna nama ini mungkin sudah familar di telinga kita, yaitu operasi zebra di lakukan di saat menjelang hari besar seperi hari idul fitri atau menjelang awal puasa

Tiap provinsi memeliki nama masing-masing tentang operasi kepolisian ini kalau di bandung namanya operasi zebra kalau di kota anda mungkin lain lagi ya he,,

Seperti di provinsi Jakarta operasi patuh jaya, atau di jawa tengah mungkin apa gitu?
Operasi zebra khususnya bagi saya adalah pernah mengalami hal pahit, terutama masa-masa saya masih kuliah dulu pada tahun 2014 an , kalau saya di ceritain di blog mah mungkin tidak cukup ditulis dalam 2000 words saking banyaknya

tips-menghindari-opersi-zebra

Khusunya pada tahun 2018 ini sebenta lagi mungkin akan ada lagi operasi zebra, tapi gak tahu tanggal berapa-berapa nya yang jelas opeasi ini pasti dilakukan ,kamu kudu hati-hati euy
Mungkin tujuan di adakannya operasi ini bapa polisi memeliki tujuan yang mulia yaitu mengamankan pengendara yang mengendarai tidak dilengkapi surat-surat lengkap dan mengamanakan barang-barang seperti senjata, minuman keras maupun narkoba

Sebelum operasi zebra di laksanakan biasanya ada pengumunan terlebih dahulu dari bapak kepolisian baik melalui berita online, koran, pamplet, lifleat, dan radio bahwa akan di laksanakannya operasi zebra, yang pada initinya kendaraan kita harus di lengkapi dengan surat-surat jika mau pepergian
dan untuk mengantispasinya kita perlu melengkapi kendaraan kita dengan surat-surat yang lengkap seperti SIM dan STNK dan juga kendaraan kita kalau bisa jangan banyak di rubah, atau di modifikasi yang tidak sesuai dengan standar pabrikan, kerna yang membuat mencuri perhatian dari bapa polisi adalah kendaraan-kendaraan yang mencolok, ini merupakan sasaran empuk bagi bapa polisi untuk memberhentikannya

Operasi zebra ini bagi orang yang tidak memeliki kelengkapan surat-surat kendaraan mungkin sangat menakutkan  kerna beranggapan jika kena tilang mereka akan keluar duit untuk membayar denda, tapi untuk menyikapi hal itu saya akan mebagikan tips yang aman agar anda tidak terkena tilang, wihhh keren ya hihihi,,,


Baca juga: Tanaman hias yang bisa menyerap racun dan sekaligus udara rumah jadi segar

Ini tips dari pengalaman saya pribadi kerna saya selama 5 tahun di bandung tidak memeliki surat izin mengemudi alhamdulilah tidak kena razia kerna saya selalu menerapkan trik ampuh di bawah ini

1. Hindari Jalan Protokol


Nah kalau kamu hidup di kota besar seperi bandung pasti dong pernah melewati jalan protokol entah itu jalan kerna terpaksa ada kebutuhan atau sengaja melewatinya, jalan protokol ini memang jalan tempat nongkrongnya bapak polisi untuk siap merazia kendaraan dan juga biasanya di jalan protokol hampir setiap jam ada bapa polisi yang menjaga tapi menjaganya kalau hari-hari biasa tidak

melakukan razia, hanya mengatur lalu lintas saja. namun jika musim operasi zebra seperti sekarang ini mungkin di jalan protokol banyaknya  dan secerdik mungkin jika tidak memeliki kendaraan yang lengkap terutama di musim razia ini hindari jalan protokol,

nah jalan seperti apa jalan prokol itu? mengutip dari KBBI jalan protolol adalah jalan utama di kota-kota besar; jalan menjadi pusat keramaian lalu lintas,

nah kalu di bandung jalan  mana saja?, Jalan Asia Afrika, Jl Sudirman, Daerah Pasopati, Dipatikur, Cihampelas, Jalan diponegoro, Dago, Supratman, Suci, darah gedung sate, Ahmad Yani, Jalan Riau, Aceh, wah pokonya banyak lah, kalau di tulis di sini kepanjangan broh,, tapi masalah operasi zebra bukan hanya di jalan protokol sih di jalan bukan protokol juga ada, intinya kamu harus hati-hati ya broh, kudu riceng panon

2. Gunakan perlengkapan helm dan bodi motor harus standar pabrikan


Nah trik ini trik kamu kamuflase broh, kaya bunglon, kamu ini harus lagak seperti jacki chan gitu, santai dan berwibawa biar kamu di sangkanya surat-surat lengkap, kerna polisi juga lihat kalau motornya lengkap seperti kaca spion, lampu, dan tidak ada variasi , saya yakin polisi juga ragu atau berpikir ulang untuk memberhentikan anda kerna di anggapnya surat-suratnya juga lengkap dan patuh, padahal semua itu, belum tentu he,

3. Kenali jalan  alternatif


Nah kalau ini saya banget, jalan pulang kerja , seperti jalan masuk gank, jalan masuk komplek, jalan tikus, kerna ini penting apalagi kamu sudah di bandung lama jalan ini perlu tahu kerna jika ada razia atau tempat tersebut sudah biasa ada razia bisa menghindarinya , kalau tidak tahu mah mampus kena razia atuh

Apalagi musim razia gini, jalan tikus itu harus di kenali betul

4. Berjalan di belakan mobil atau barenga sama mobil


Nah ini  jika kamu kepepet banget misalanya jalannya satu arah nih , tiba-tiba didepan sudah banyak yang pakai baju hijau muda, kamu jangan balik arah, tapi usahakan cari mobil yang jalannya lambat, misanya angkot, nah ikutin aja dari belakang, nempell terus, kalau razia sebelah kanan kamu sejajarin aja sebealh kiri, sedangkan mobil sebelah kiri, dan begitupun sebaliknya. Agar bapa polisi tidak melihat kita dan sekaligus jika mau menangkap kita mengalami kesulitan kerna terhalang  mobil


5. Pura-pura tidak lihat


Nah ini bisa di terapkan juga tuh nih sama kamu, misalnya kepepet banget tiba-tiba didepan ada razia dan mau ngikutin mobil lambat gak ada, mau balik arah nanggung, cara terbaiknya kamu pura-pura gak lihat, ini memang sadis sih tapi kalu kepepet gimana lagi, biar nanti si bapa polisi nangkap kamu bisa bilang

’Aduh pak maaf tadi saya tidak lihat ada bapak’’? *plak* 

6. Menunggu dulu sampai razia bubar


trik ini memang sedikit  membutuhak kesabaran tingkat nasional ,misalnya kamu mau lewat jalan sana tiba-tiba ada razia dan sudah terlihat dari kejauhan, nah usahakan kamu berhenti sampai razia itu bubar , makanya kamu sedikit kudu sabar kalau mau menerapkan trik ini hihih

7. Motor di gandeng


Nah kalau ini pernah saya terapkan ketika jaman sekolah dulu, cara ini memang ampuh tapi kamu harus tebal muka aja dorongin motor trik nya gini, jika di depan ada razia, kemudian motor yang lewat jarang usaha yang perlu kamu lakukan adalah gembosin ban, tapi jangan pakai paku, buang aja anginnya dari pentlnya kemudian kamu dorong, lewati tuh polisi sambil dorong motor, ini ampuh lho saya yakin. tapi kalau jalannya nanjak gimana? terus tempat ngisi anginnya jauh mah wah bisa kacau juga he,, cape. Tapi menurut saya lebih baik mendorong daripada kamu harus di denda dengan sejumlah uang yang tidak sedikit dan biasanya kalau denda gak ada SIM itu bisa mencapai 500k

8. Menjadi mister Limbad



Nah ini belum saya terapkan gak tahu ampuh atau tidak yang jelas ini pengalaman teman saya katanyamah ampuh cenah, caranya gini, begitu kamu di berhentikan dan di suruh minggir ke bahu jalan ini jawabannya

‘’Salamat siang maaf perjalanan bapak terganggu, hari ini kebetulan ada operasi zebra ,saya bapa tasjo, mohon maaf surat-surat kendaraan bisa di perlihatkan pak?’’
(kamu pantrang ngomong sedikitpun) mmm.. mmmmmm…. Mmmmm

‘’Maaf pak mana surat-suranya?’’ Kamu jawaba mmmmm…. Mmmm …mmmmm, dan kalu bisa samil geleng-geleng kepala pulak.

‘’Pak maaf bisa ngomong kagak…?’’ Kamu jawaab mmmmm… mmmmmm …..mmm
Saya yakin polisi juga kesal alias jengkel pasti mempersilahkan kamu pergi tapi kamu usahakn jangan pasang muka mau senyum juga nanti ketahuan atuh ah,,

Trik  ini butuh keahlian dan latihan khusus he,, kerna tidak semua orang bisa melakukannya, butuh penjiwaan dan pendalaman broh,,,

Tapi kalau kepepet banget bisa menerpkan trik ini, namun jika tidak kuat menahan tawa, mending gak usah deh, kerna kalau kamu ketahuan bisa ngomong malu sendiri, nanti.

9. Berpakaian gaya orang kantoran



Wih ini mantap coy kaya orang kantoran ,ini mantap sekali perlu kamu terapkan ya,, soalnya pengalaman saya pernah dulu, sekitar tahun 2016-an saya lewat jalan Suci tuh, tiba-tiba di sana ada razia,  walah, dalam pikiran saya ini pasti keluar duit nih soalnya SIM sudah habis di tambah pajak tidak mau bayar,

Tapi bismilah aja lh dalm pikiran saya, tapi ketika itu saya ingat pesan bapa satpam kampus katanya kalau kita rapi polisi jarang nangkap kita ,kalau dandanan rapi dan pasang muka tidak berdosa mah saya yakin polisi tidak akan nangkep kita, tapi memang juga ini ampuh, saya tida kena razia tapi itu tadi pasang muka janga pasang muka ketakutan tapi santai aja, slow men,, dan jangan tarik gaspoll juga


10. Mengaku anak pejabat


Nah ini paling ampuh tapi masalhnya kamu anak pejabat atau bukan, kalau bukan mah jangan ngaku-ngaku keerna ketahuan nanti  yah ,  Kaya tempo hari di Medan yang anak SMA itu  kena razia kemudian dia mengaku keponakan pejabat di BNN , kalau gitu mah jangan lah , ya ini mah konyol, apalagi ngaku anak presiden mah, wah bisa-bisa kamu kena tampar sudah, he,, ee

11. Mengaku anak pejabat


Pas di berhentiin bapa polisi, ‘’Maaf pak saya anak Setia Novanto’

Saya yakin polisi juga langsung kabur hahaha

Nah itu ya bro yang bisa kamu terapkan, saya bukan bermaksud mengintimidasi kamu-kamu ya, cuman ini share sedikit pengalaman dari saya hihih

 agar lolos dari  tangkapan polisi ketika razia kendraan tiba

boleh deh, di Share kawan..

***God bless you
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar