Skip to main content

Tips sebelum Mudik lebaran tanpa meninggalkan resiko

Tips sebelum Mudik lebaran tanpa meninggalkan resiko-kurang 2 minggu lagi kita akan memasuki hari raya lebaran, yang mana akan memasuki tradisi tahunan yaitu mudik, mudik untuk siapapun pasti di idam-idamkan keran beranggapan di hari raya tiba bisa bertemu sanak keluarga, mengunjugi kampung halaman dan mungkin misi-misi lain

tradisi mudik bukan hanya jaman sekarang aja akan sejak indonesia merdeka juga tradisi mudik ini sudah eksis,  mungkin kalau dulu orang mudik menggunakan alat transportasi sederhana seperti perahu kecil, kendaraan sederhan dan kereta uap, tapi tapi sekarang sudah transformasi ke arah yang lebih modern

sebetulnya esensi mudik itu menurus saya bukan happy macet-macetan di jalan tapi lebih ke arah silaturahmi, kangen keluarga dan menjunjung tinggi adat istiadat budaya seperti halnya kalau orang jawa selsai  salat idul fitri mereka berkunjugn ke makam saudaranya, atau orang tuanya,  di kenal dengan istilah nadran (mengunjugni makam keluarga dan memberi doa)
Baca juga: Apa kabar kompor minyak tanah dan riwayat mu kini
sedikit Banyak permasalahan mudik yang menyisakan duka bagi kita terlebih bagi mereka yang suka taledor terhadap tempat tinggalnya, dan tidak sedikit pula  seharusnya di hari raya itu bahagia merayakan hari kemenangan, nah ini malah di rundungn duka

, nah maka dari itu, kita sebagai ‘’pelaksana’’ seyogyanya perlu memperhatikan intrik dulu terutama keamanan di rumah kita,

Dan yang menjadi sorotan adalah ada kalanya saking semangatnya kepengen mudik justru lalai masaah keamanan rumah

tips-mudik-lebaran

oke sebelum anda mudik sebaiknya perhatikan dulu tips ini agar mudik tidak meninggalkan rasa duka

# Matikan lampu di dalam rumah

Tidak seidikit orang  mengabaikan keselamatan mengenai listrik kerna beranggapan lisrtik itu tidak bahaya, padahal banyak kasus terjadinya kebakaran dari hal sepele ini yang membuat kita rugi kerna misalkan arus pendek

maka dari itu sebelum anda pergi pastikan listrik dalam ruangan semua mati seperti di kamar anak, ruangan tamu dan kamar wc , ini penting selain mengehamat listrik juga menghindari tindak kejahatan dan juga manfaat lain adalah orang yang melihat dari luar ke dalam bisa melihat, ini bisa meminimalisir kejahatan juga

kerna beberapa pendapat kejahan itu kerna ada  kesempatan dan peluang untuk berbuat itu.

# Cabut colokan elektronik

Sudah biasa seperti tv, kulkas dan peralatan elektonik lainnya seharian penuh atau 24 jam full nancap di dicolokan listrik , dan sebaiknya ini di cabut kerna di takutkan seperti kebakaran, dan lagi pula elektronik yang tidak di pakai dengan jangka waktu lama ini justru mengurangi masa pakai alat itu sendiri,  jadi sebelum anda pergi ini harus sudah tidak nyolok ke terminal

# Selang kompor gas sebaiknya di cabut dulu

Kompor gas yang di biaraka mencolok di tabungnya bisa terjadi sesuatu misalnya tiba-tiba gasnya bocor, selangnya di gigit tikus, kan ini bisa bahaya, dan amankan tabung gas di tempat yang tidak kena panas, kerna di khwatirkan gas meledak

# Matikan mesin jetpam

Nah kadang ini kita suka lalai dengan tidak mencabut cokolan kadang kita lupa mencabutnya , terlebih lagi letak jetpam di belakang rumah dan jadi luput perhatian

# Simpan barang berharga  di tempat tersembunyi dan  jangan menaruh curiga

Menyimpan barang seperti barang berharga sebaiknya di  simpan di tempat tersembunyi dan tidaka mudah terlihat dari luar, seperti halnya berangkas uang, emas dll,
Dan taruhlah barang di tempat sekiranya aman dan tidak terlihat kerna di takutkan walapun di dalamna cuman pernak –pernik tapi ketahuan dari luar itu bentuknya berangkas uang bisa jadi mengundang merekan untuk berbuat jahat

# Titipkan Rumah Ke Pa RT

Sebelum cus pergi alangakah baiknya tertib ke pa RT dengan cara melaporkan terlebih dahulu ‘’ pak titip rumah saya,  saya mau mudik dulu, gak lama kok cuman 1 minggu , kerna takunya da sesuatu yang tidka di kehendaki’’ , na pasti si pa RT juga akan lapor ke petugas keamana perumahan dan biasanya pak hansip, mereka akan di prioritaskan mengontrol rumah-rumah yang tidak berpenghuni dan meningkatkan patroli rutin, apalagi si pak RT sambil salaman di kasih amplop THR , pasti mereka seneng banget tuh hihhi

# Titipkan rumah ke satpam komplek

Center keamanan paling dasar di perumahan adalah satpam, satpam juga jang luput rapor kerna ini penting, misalnya nitipin rumah dan dan juga  minta di kotrol tiap malam, dan sambil menyodorkan selembaran uang gambar Soekarno-Hata pasti mereka seneng tuh

# Awas jangan lupa mengunci pintu

Pintu , jendela jangan luput perhatian kita, dan pikiran jangan meleng, tapi tetep konsetrasi apa yang belum , apa yang sudah, bawaan apa yang harus di bawa dll,

cek dulu pintu belakang, pintu kamar anak, pintu kamar si bibi dan juga tak kalah penting memeriksa jendela , apakah jendelanya sudah terkunci baik dan jangan sampai ada jendela yang slotnya rusak dll

# Nyalakan lambu di luar rumah

Kalau di dalam rumah harus di matikan tapi di luar rumah justru sebaliknya, dan juga lebih baik di pasang lampu yang memeliki durasi nyala, misalnya nyala jam 18.00  mati jam 6 pagi itu lebih baik , kerna untuk menghemat energi  juga kan

tapi jikalau tidakmemeliki lampu seperti itu lebih baik nyalakan saja selama 24 jam kenapa ini penting, yaitu untuk memudahkan orang meliahat dari kejauhan dan kadang kita juga walapun rumah itu kosong namum lampu di luar nyala kan kita merasa gak takut dan merasa aman  aja, padahal itu kosong

 dan mengurangi rasa curiga orang jahat, kerna setidaknya dengan nyalanya lampu di luar si gerong beripikir , oh ini takut kelihtan dari jauh,, kan lumayan tuh menguragi beberapa derajat orang berbuat jelek

# Hindari menyimpan colokan kunci di tempat yang mencurigakan

Tidak sedikit orang menaruh colokan kunci di tempat di anggap tidak mencurigakan , misalnya di rak sepatu bekas ,di saku bajubekas  di luar, di rumput dekat taman atau di tempat lainnya, ini perlu di hindari kerna di takutkan ada seseorang yang melihat di saat menyimpan, dan lebih baik di bawa aja gak apa-apa

# Titipkan hewan peliharaan

Kalau hewan peliharaan kan gak mungkin di bawa mudik, , lebih baik dititipin aja di tempat pemelihraan hewan khusus, kalau di jakarta ada sih banyak yang membuka jasa ini, tapi kalau di bandung masih jarang yang membuka jasa  penitipan hewan ini ,

kalau anjingnya kencil dan mau di bawa mudik ya gak apa-apa di bawa cuman resikonya kalau mabuk, hewan ngamuk tanggung sediri ajah

# Periksa kunci lemari, jendela dan berangkas lainnya

Mengunci itu  bukan hanya pintu luar dan pintu di dalam ruangan, tapi macam lemari jendela itu juga penting, jikalau bernasib buruk misalnya adanya rampok setidaknya merek membuka kunci lama, auzubilah yah

Nah itu mengenai cara aman ketika anda mudik ke kampung halaman dan tidak kalah pentingn saat di perjalanan jaga keselamatan dan semoga samapi tujuan ya,,
Mohon maaf lahir dan bathin dari notes-asher.blogspot.com
**** 
Happy nice day
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar