Skip to main content

Kendaraan yang ada di Manila yang bisa kamu pergunakan saat liburan

Bicara masalah kendaraan tiap negara memeliki kekhasan masing-masing seperti di Indonesia dengan angkotnya, Thailanda ada tuktuk dan di Manila ada jeepney, nah jenis kendaraan tersebut memliki khas masing-masing dan tiap negara tersebut menjadi ciri khasnya suatu negara atau daerah

Nah ketika liburan ke  suatu tempat atau negara biasanya mau tau dong jenis kendaraan khasnya yang kita kan kunjungi, betul enggak? Atau mungkin anda mah tidak tahu menau hehe

Dan seperti pengalaman saya kebetulan pada tahun 2014 tepatya di bulan Juni, saya memeliki kesempatan untuk mengunjugi negara dengan terkenal dengan presidennya yang keras dan ganas dalam hal anti narkoba yaitu Philipina, saya ke manila dengan tujuan pendidikan dan pelatihan keperawatan selama 2 bulan penuh, walapun cuman sebentar sih , saya merasa liburan gitu karena bisa jalan-jalan di kota Manila di sela-sela libur dan pulang seminar atau pelatihan

Baca juga: Kamu tahu enggak fungsi lain wifi itu untuk apa ajah?

Dalam pikiran saya, mungkin di Manila susah mendapatkan kendaraan umum karena menemukan jalanan macet itu cukup jarang dan kendaraan sepeda motorpun jarang banget, tapi dugaan saya itu salah, ternyata di banding di Indonesia, di Manila justru jenis kendaraan lebih banyak ragamnya, walapun tidak macet

Untuk jenis kendaraan di Indonesia juga tidak kalah menari dan banyak ragamnya , telebih untuk saat ini hadir dengan daring seperti taksi, grab,gojek dan lainnya di Manila juga banyak tapi yang di manila sini beda dengan kendaraan di Indonesia

Kira-kira kendaraan apa sih yang bisa pergunakan ketika kamu liburan ke Manila yo simak

#Bisa menggunakan LRT


Di negara maju kendaraan ini atau kereta LRT sudah lajim adanya beda dengan di Indoensia baru ada rencana terutama di Bandung dan entah kapan mulai di eksekusinya saya baru dengar di media saja bahwa Bandung akan memeliki LRT ini, saya cukup bangga sih sebagai warga Jawa Barat jika LRT ini bisa terealisasi secepatanya

LRT-Manila-kendaraan-yang-baisa-orang-manila-pergunakan

ada LRI ada MRT di sana sudah tersedia beberapa tahun yang lalu, terutama di kota Manila, untuk memudahakan transportasi masyarakat terutama memperhatikan kecepatan, jika kamu membutuhkan waktu cepat dan tepat tentunya menggunakan LRT ini cocok kamu pergunakan, dan LRT memelewati beberapa stasiun kareta, terminal, perkantoran, dan pusat-pusat keramaian lainnya dan kelebihan LRT cepat sampai tujuan,jadi saat kmu mau pepergian kedatangan dan sampai sudah bisa di prediksi dengan mudah, jadi memudahkan warga untuk melakukan aktivitas tanpa rasa macet dan keterlambatan

Dan menggunakannya cukup kamu beli kartu macam kartu E-tol dan bisa di gunakan kapan saja dan kalau di kita tidak jauh dengaan kartu E-toll, bisa beli dan topup di seven eleven (seperti halnya ALfa dan Indomaret) atau di satasiunnya langsung, dan jika ada keluhan seperti kartu tertelan bisa memanggil petugasnya di sekitar stasiun LRT  dan manggil pak satpam atau petugas khusus stasiun

# Taksi


kendaraan-di-manila-yang-bisa-ikamu-pergunakan-notes-asher

Ini sudah lajim di ketemukan di Indonesia juga bentuknya juga sama seperti itu, namun taksi di Manila sopirnya lebih sopan dan berpakain rapi macam orang kantoran dan lengkap dengan dasi dan baju di masukan ke dalam celana jadi kesan profesionalnya itu kelihatan banget

Di Manila ada dua jenis taksi yaitu ada taksi kuning dan putih, kalau masalah harga menurut saya taksi putih lebih murah harga perkali narik cukup terjangkau yaitu bisa P100-P200 an, per kali jalan tapi kalau taksi bandara bisa lebih mahal dan tidak jauh seperti di Indonesi aja,  Bandara Husein Bandung taksinya mahal-mahal- he,, (apa sih, sep) di kita juga kalau taksi bandara mah mahal yah,, pemirsa

#Trycyles (Sepeda beroda tiga macam becak)


Lah kalau di kita mah macam becak, jadi kalau becak di kayuh dari belakang nah ini trycycle dari pinggir sebelah kiri penumpang, pernah juga saya rasakan dan berasa mau jatuh, tapi tidak juga sih, aman kok, nah itu sih bedanya

kendaraan-yang-bisa-kmau-pergunakna-di-manila-notes-asher

namun saya gak mau naik trycycle karena kecil banget dan ketika musim panas di dalamnya panas dan belum lagi sempit dan menggunakan penutup plastik aduh panasnya bukan main,hahah
apalagi si pengayuhnya itu udah tua duh engak banget, tapi asik sih untuk pengalaman aja, dan itu lho tapi berasa di dalam sangkar burung

Tapi jangan tertipu juga di sana biasanya menawarkan harga mahal tapi tenang kok bisa nego, sampai semurah-murahnaya dan di sana lagian pengemudi trycyclws jago-jago bahasa inggris jadi kamu jangan takut tidak bisa nego, asal kamu aja  yang harus jago dulu bahasa Inggris dan pinter merayu wkwk,,

Di sana itu tukang beca aja jago bahasa Inggris apalagi para professionalnya lebih pinter lagi tuh,, keran kemungkina di sana bahasa Inggris itu bahasa sehari-hari dan bahasa kedua setelah bahasa Tagalog mereka terutama mereka yang bermukim di perkotaan macam Manila ini

#Kalesa



kalesa-manila-yang-bisa-kamu-pergunakan-di-manila-notes-asher

Ini macam bemo kalu di indonesia mah, banyak di intarmuros di kota manila, harganya kadang suka tidak masuk akal, suka menawarkan harga yang selangit padahal jangkauannya sedikit terlebih jika kamu pertama kali banget berkunjung ke Manila,  jadi kudu jago-jagonya kamu ajah, dan yang terepntinglagi kamu sebelum beranjak ke sana cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tarif harga kendaraan di Manila, bisa via teman yang ada di sana ataupun dari si mbah Google sekalipun

oh iya tanya dulu sebelum naik, kadang kalau sudah naik dan turun haranya malah mahal, kan kamu yang rugi, yekan?

#Jeepney


jeepney-manila-yang-bisa-kamu-pergunakan-saat-ke-manila-notes-asher

Nah saperti yang sudah saya bahas sebelumnya jeepney ini mirif dengan angkot di Indonesia namun memeliki ciri di hias warna –warni dengan desai yang beraneka warna dan di airburs dan karakter sopir jeepney ini membawa penumpangnya itu lho yang bikin jantung mau copot, tapi asyik sih olahraga jantung hahah,,,,

kamu menggunakan jeepney gak mahal cuman Rp 4000-an tapi bayar pake Peso ya, jauh dekat sudah bisa kamu gunakan, dan pada umunnya sopirnya pandai menggunakan bahasa inggris apalagi bahasa tagalog, mahir banget tuh

#FX manila


Nah kalau di Inodensia mah mungkin macam grab  mobile, karena di sana juga mobil pribadi yang di jadikan angkutan umum dan harganya bisa lebih murah dan cocok banget bagi kamu banyak penumpang kerna bisa menampung lebih banyak dari pada taksi, dan bisa nego pulak, dan sering di temukan di bandara Vinoy Aquino, Manila


kendaraan-yang-bisa-kamu-pergunakan-FX-manila-notes-asher

Makanya saya pertama kali menginjakan kaki di Manila saya menggunakan FX Manila ini dan rasanya cukup nyaman dan si pak sopirnya ramah banget dan pandai bahasa Inggris juga saat kita di perjlaana sambil ngobrol dan tanya-tanya seputran kota Manila,


Jika di bandingkan antara taksi biasa dan FX Manila lebih murah FX Manila, karena saya juga pernah menawar dari Vinoy aquino ke Kondominium yang dekat kota Intramuros, mungkin jaranknya sekitar 10 Km ongkos hanya 900 peso

Nah menggunakan FX Manila bisa dapat 750 peso, lumayan kan,, murah dikit,, hihii, belum lagi mengangkut barang bawaan dari bandara dan juga manusia

Nah kapan atuh anda mau ke Manila? Gunakan transportasi yang di atas ya

Sumber informasi: dari kawan dan pengalaman sendiri
*** 
Happy nice day
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar