Skip to main content

Makanan khas pangalengan, yang bikin kita ketagihan

Makanan khas pangalengan, yang bikin kita ketagihanNah jika kamu main ke suatu tempat biasanya suka penasaran kan kalau belum merasakn makanan khasnya, dan seakan pikiran merasa tidak terpuaskan

sudah merasakan tempat wisatanya pasati ingin merasakna makan khasnya, walaupun makan itu sama dengan di tempat lain, tapi suka penasaran aja , kadang kita berpikir,  makan di sini enak gak sih? harganya mahal gak? Nah kadang perasaan itu muncul dan penasaran ,terutama cewe-cewe nih hihihi

nah di Pangalengan juga memeliki jenis makan yang khas, dan rasanya sayang kalau di lewatkan kalau liburan ke sana,

dan juga yang terpenting lagi bumi pasundan itu tiap kota kabupaten memeliki makan khas dan di Jawa Barat lebih dari 5 kabupaten kota memeliki maka khasnya baik itu makanan atau lainnya
seperti halnya kota Garut, memeliki makan khas dodol, Bandung :peuyeum Bandung, kangkung Bandung, Cianjur: taoco, tuh kan banyak
Baca Juga: Barang Seken Yang Bisa di Dapat dari Pasar Tegalega Bandung di Pagi Hari
Dan juga makan khas ini sepertinya ada yang mirif dengan makan di tempat lain tapi ,solal rasanya itu lho bikin hati kita kepincut

1. Pia Kawitan

pia-kawitan-pangalengan-bandung-oleh-oleh-khas-pangalengan

Kue awitan pangalengan sudah menjadi buruan yang wajib dan jangan pernah terlewatkan jika anda liburan ke pangalengan, kerna bagaimana tidak menurut penjual kue kawitan , nama kue awitan ini suda lama ada dan sudah menjadi ciri khas orang pangalengan pada awalnya di buat dengan jumlah sedikit dan di buat di rumah-rumah warga, namun seiring dengan permintaan pasar yang banyak dan pemerintah daerah menginginkan ada jenis makan yang khas dari daerahnya , maka si kue kawita ini di jadika maknan khas dari pangalengan

‘’Dulu-dulu kue kawitan memang tidak mudah di dapatkan dan di jual hanya di daerah Pangalengan saja, seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi kue kawitan sudah bisa di beli online dan ada di marketplace’’ menurut pedagang kue kawaitan Karakter kue kawitan memeliki karakter yang empuk dan rasa yang khas dan cocok di makan ketika cuaca dingin, kue kawitan menyesuaikan dengan cuacanyadan harga yang di tawarkan juga tidak mahal hanya Rp.15000/bok isinya ada 4 biji sudah bisa mendapatkannya, dan masalha pilihan rasa kue kawitan ini beragam seperti rasa kacang hijau, keju, pisan dan strawbery,

nah kamu inign mencobanya, sok silahkan beriwisata ke pangelanga dan nikmaati maknan kue kawitannya

2. Susu murni

oleh-oleh-khas-pangalengan-bandung

Kalau minuman sehat ini mungkin tidak asing lagi tapi jika kamu ingin merasan susu langsung di ambil dari sapi dan langsung meminumnya di sini tempatnya, dan biasanya jikalau kamu  datang langsung ke tempat pemerasannypa, kamu akan mendapatkan 1 gelas gratis susu murni,

Yang biasa peternak susu sapi berada di daerah Pintu, Santosa dan daerah perkebunan Kertamanah, mereka selain menjadi pekerja perkebunan PTPN Nusantara VIII juga nyambi jadi pemeras susu murni dan di kelola masih  pangalengan, dan letak  pabrik susu KPBS dekat dengan terminal Pangalengan

3. Makanan ringan keripik kentang ungu

oleh-oleh-khas-pangalengan-bandung

Hasil olahan kentang banyak ragamnya tapi yang paling menarik keripik kentang warna ungu, nah rasanya itu lho enak banget dan jika di rasa-rasa di lidah kita kaya seperti makan busa, he,,pokoknya enak dah

Harga perbungkusnya masih kisaran 15k/bungkus dan cocok di jadikan camilan sehat sambil nonoton TV,  saat pepergian dan di saat dalam kendaraan dan juga bisa di jadikan oleh-oleh untuk sanak keluaraga

4. Permen susu

permen-susu-oleh-oleh-khas-pangalengan-bandung


Olahan susu bisa di bikin beragam dan salaha satunya adalah permen susu , permen susu ini di permentasi dari susu murni , dan di buar seperti membuat keju , namun cara pengolahannya yang  berbeda, dan permen susu di campur dengan tepung, dan di ulek di atas bara api dengan bantu tungku ukuran besar  dan sampai saat ini pembutan permen susu masih mengandalkan penduduk sekitaran Pangalengan dan masih home industri,



Dan untuk penjualannya di jual perorangn dan ada di kolektif oleh tengkulak dan kemudian di pasarkan di objek wisara Pangalengan dan di pinggir-pinggir jalan



Permen susu memeliki citarasa susu yang manis alami dan di bentuk  persegi ukuran 3 cm x 3 cm dan di bungkus masih manual dengan mengguanak kertas licin



 Permen susu in cocok di makan saat pepergian, dalam  kendaraan dan juga rasa manisnya itu alami di dapat  dari menambahkan rasa manis gula biasa susu dan tidak

5. Baso

Duh kalu baso mah di mana-mana juga ada yah, tapi, kalau baso daerah pangalengan ini beda lho dengan baso yang lain, rasanya itu daging sapi asli di campur aci yang kenyal dan memeliki karakter agak hitam, kerna itu memang tidak di campur dengan borak dan sambalnya yang khas itu bikin ketagihan, makanya jika saya liburan ke sana pasti tidak melewatkan makan baso ini, apalagi di makan di cuaca dingin gini wah mantap banget 

dan selain itu harga baso/porsi di sana murah-murah lho, cuman harga Rp 10.000-an, udah kenyang 
dan lagi semua pedagangn penjual baso rasanyahampir mirif dan rasa yang  nikmat.

Nah kira-kira akhir pekan ini mau ke mana kamu udah punya jadwal belum? Kalau belum ajakin atuh pacar, anak, istrinya liburan ke danau cileunca doong sambil menikimat makan khasnya, biar tambah romantis sambil selfi asyik gitu
****
Semoga bermnfaat ya

*) Flaten Images: Instagram @finfindz,@ day_tea_indo
God bless you
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar