Skip to main content

Makanan yang Cocok di Konsumsi Saat Musim Hujan

Makanan yang Cocok di Konsumsi Saat Musim Hujan-Yah sepertinya sekarang sudah musim hujan lagi ya,, karen terbuki sudan beberpa hari ini huan terus turun hampir ttaip hari dan itu membut saya senang, karena bagaiman tidak yang sumur saya yang dulunya  tidak pernah surut namun untuk muism kemaru tahun ini  malah airnya menyusut, padahal sejak dulu memang sumur si buhun tidak pernah surut,

Namun alhamdluah setelah memasuki musim penghujan kembali terisi dan penuh pulak
Nah ngomongin masalah makanan kadang tidak pernah habisnya sebab saking banyak dan beragam, dengan beragamnya jenis makanan apalagi diBandung,  tapi walapun banyak jensi makann ada kalanya cocok di saat musim-musim tertentu

Salah satu contoh, es jeruk di minum saat cuaca panas atau minuman pelengkap saat makan yang lada dan panas, makan yang  banyak kuah dan  lada cocok di makan disaat cuaca dingin
Nah berhubung saat ini sudah masuk musim hujan, maka makanan pun kita perlu di sesuaikan dengan keadaan cuaca, dan pada umumnya orang-orang sukai

#1. Mie Baso


baso-cocok-di-makan-saat-musim-hujan-notes-asher

Bahan dasar dari aci dan daging giling yang di bentuk bulat mirif bola pingpopng ini banyak penggemarnya, untuk baso ini jarang sekali orang yang tidak menyukainya, dan menurut saya semua orang pasti menyukainya termasuk kamu juga kan?, makan baso bukan hanya cocok di makan musim hujan tapi saat musim kemara juga memang mantep,

Baca Juga: MENIKMATI CURUG MALELA DI BANDUNG BARAT, NIAGARA OF INDONESIA

Dan bahkan saya kalau siang bukan makan nasi tapi memilih makan baso aja, dan itu bukan hanya saya, orang lain juga kadang demikian

Yang menjadi alasan baso di makan  saat musim hujan adalah salah satu jensi makan yang cocok di makan saat masih panas, dan apabila mulut lada dan nafas terengah-engah karena lada cabe itu menjadi kepuasan tersediri,

dan tidak kebayang juga kalau makan baso sudah dingin rasanya gimana? Kurang enak kan,, nah jadi saat hujan turun kadang ingatnya pada makanan yang berkuah dan lada, seperti halnya baso ini

#2. Seblak lada


sebla-lada-enak-di-makan-di-saat-musim-hujan-notes-asher

Untuk mencari seblak  yang enak di Bundung tidaklah sulit, sebab hampir tiap kompleks perumahan  ada penjual seblak, harganyapun tergolong murah hanya kisaran harga Rp5000-Rp 10.000/porsi dan itu sudah di koombinasikan dengan tulanga dan lainnya

 Pada umumnya kalau kamu mencari tukang seblak terdapat di dekat dengan sekolahan, kampus, mengingat banyak anak-anak yang jajan,

Rasa wangi kencur, bawang merah dan aroma yang di hasilkan dari kuahnya itu yang orang-orang ketagihan, makanya kalau sudah mencium aroma seblak, otak kita sudah srekk, oh ini wangi seblak, dan turun ke perut , dan si perut ini langsung menginformasikan kepada otak untuk di isi seblak, hehe,,

selain wangi dan juga kuah yang warna kuningnya itu lho yang bikin kita merasa ketagihan
Rasa lada yang di dapat dari seblak, membuat kita merasa puas, dan sepertinya penyuka kuah kuning ini, kurang puas kalau makan seblak kurang lada. Jadi cocok banget di konsumsi saat musim hujan, untuk mengusir dinginnya udara

#3. Basreng


basreng-cocok-di-makan-musim-hujan-notes-asher

Baso bukan hanya di bikin kuah baso dan di sajikan dengan mie, tapi juga baso di iri kecil lalau di goreng plus nantinya di beri bumbu bubuk cabe atau saos, kalau di bandung istilahnya adalah basreng (baso goreng),  bastreng ini rasanya memang gurih dan enak dan menjadi keras dan di santap dengan campuran cabe bubuk, keju atau saos, terlebih lagi di konsumsi saat cuaca dingin seperti musim hujan,

dan pada umunya memang camilan bocah TK dan SD, tapi kadang orang dewasa dan juga tidak sedikit yang menyukainya termasuk saya wkwkwk,, karena wangi dangingnya dan acinya itu lho dan kriuk-kriuknya yang bikin enak

#4. Mie ayam 


mie-ayam-baso-cocok-di-makan-saat-musim-hujan-notes-asher

Kalau bicara yang lada-lda pasiti kembali ke bahan dasar mie, seperti mie baso dan mie ayam, dan keduanya memang mie, juga namun teman-temannya yang beda

Mie ayam juga tidak kalah enak di makan saat musim hujan, dan juga mie ayam memeliki kuah kental dan ada campurkan suwiran daging ayam, kerupuk yang sudah di beri bumbu yang kental dan gurih plus sambal, dan ini menjadi alasan orang orang pada suka

#5. Rujak lada


rujak-lada-cook-di-makan-saat-musiim-hujan-notes-asher

Rujak lada bisa kita bikin sendiri di rumah atau kalau mau yang praktis beli secara langsung, dan makan rujak di musim dingin membuat tubuh kembali hangat dan rasa dingin terusir seketika, namun ada kalanya khususnya orang bandung. makan rujak lada saat musim kemarau, dan memang juga saat cuaca panas di tambah makan lada, beuh, keringat pasti bercucuran deras tuh

Namun kita perlu memperhatikan kesehatan pulak jangan sampai berlebihan ya, untuk menjaga kesehatan lambung agar tidak sakit perut

#6. Nasi Goreng


nasi-goreng-cocok-di-makan-musim-hujan-notes-asher

Nasi goreng kita dapatkan kadang di sore hari sampai malam hari, tapi kalau musim hujan ada banyak penjual nasi goreng di siang bolong, apalagi di Bandung penjual nasi goreng menjamur di mana-mana tidak sulit mencari,

Nasi goreng  yang pas di makan di musim dingin adalah dengan di taburi cabe  rawit yang banyak samapi terasa panas di lidah, dan lebih baik sampai kelur keringat dan itu kita akna merasa puaas banget, namun jangan keterlaluan pulak di khwatirkan mengiritasi lambung dan sakit

#7. Makan Ayam Gorowok


makan-ayam-gorowok-enak-banget-notes-asher

Nah kalau kamu kebetulan ada di Bandung, makan ayam gorowok ini menjadi pilihan yang tepat di makan di saat cuaca dingin, ayam gorowok terdapat di di Jalan Braga dan termasuk ayam goreng terenak di Kota Bandung

Rasa ayam  gorowok adalah ayam pedas, dengan rasa pedasnya itu kita terasa ingin bersuara keras/sunda:ngagorowok. Untuk harganya tidak mahal per potong di hargai Rp 8000-an belum termasuk nasi

#8. Makan Acar Timun


makan-acar-saat-musim-hujan-notes-asher

Makan acar di saat musim hujan memng pilihan yang pas,  dan lagi-lagi memeliki rasa lada, dan pada umuny acar terbuat dari bahan dasar cabe, timun, bawang merah, tomat dan bumbunya cuka dan air garam dan acar termasuk makanan pelengkap sebagai makan pendukung makanan utama, dan cocok banget sebagi pelengkap makan sore dengan nasi liwet yang masih hangat

#9. Minum Bandrek


minum-bajigur-enak-saat-di-musim-hujan-notes-asher

Bandrek juga memelii rasa hangat sebab terbut dari bahan dasar jahe plus sedikit tambahan gula, minumn ini termaasuk minuman jamu yang mampu mengusir bergam penyakit sepeti rehumati, pegel linu, sesak nafas dan juga batuk karena kandunganzata yang beragam, dan bisa meningkatkan kekebatal tubuh  karean terubat dari  bahan dasar jahe yang sudah terkenal di daratan China sebagai obat tradisioan yang manjur,

Untuk di bandung penjual bandrek terdapat hampir di setiap ruas jalan protokol dan pada umumnya penjual menggunakan roda di pinggiran jalan dan adanya kadang di pagi hari

Nah itu ya mengenai jenis makanan yang cocok di konsumsi disaat musim  hujan dan cuaca dingin, apalagi kamu rumahnya di pedesaan atau di kota yang memeiki iklim seperti Bandung makanan yang seperti di atas pilihan yang oke banget

*) Flaten Images: @baksodjingkrak, @bellyculinary, @ainadevi, @ngilerbakso, @anne.kamali, @hungryeyes.id, @ayu_pujilestari, @dapuratin, @mazayasmd

*** happy nice day
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar