Skip to main content

Tips Liburan Hemat Ke Pantai Garut Selatan

tips-hemat-liburan-ke-pantai-garut-selatan-notes-asher
Pantai Pameungpeuk

Tips Liburan Hemat Ke Pantai Garut Selatan -Kalau waktu liburan tiba biasanya yang teringat dalam pikiran kita adalah rekreasi ke temapt yang belum kita sambsangi, atau tempat yang di idam-idamkan jauh-jauh hari,

Banyak orang rela menyisihkan uang untuk di tabung hanya sekedar untuk liburan bersama keluarga dan orang terkasih di waktu liburan sekolah atau liburan akhir tahun atau di saat hari raya besar agama, dan memang pada waktu tersebut waktu yang tepat untuk kita tamasya

Untuk sekedar melepa lelah dan mengembalikan mood kembali oke, kita tidak perlu datang ke luar negeri yang jauh yang memerlukan duit tidak sedikit ,tapi cukup datang ke pantai saja sudah lebih dari cukup, mengingat di Jawa Barat pada khususnya mengenai tepat wisata memang banyak banget dan tidak bisa di hitung dengan hitungan jari tangan
Artikel Menarik :Pengalaman sejati di terima google Adsence selama 10 hari
Nah mengapa liburan itu lebih baik dari tempat yang dekat-dekat saja? Karena selain menghemat anggaran juga untuk trip ke daerah yang dekat-dekat tidak perlu mengeluarkan budget yang besar, jadi bisa menghemat anggaran sedemikan rupa


Oke untuk anda yang akan merencanakn liburan ke pantai, kenapa tidak memelih pantai yang dekat-dekat saja dengan jawa barat, seperti halnya pantai  yang ada di Garut selatan ini,

Di garut selatan memeiki 2 pantai yang sama-sama ramai pengunjung dan juga sama-sama indah
Selain itu itu tiket masuk ke pantai selatan garut ini tidak perlu mengeluarkan dana besar tapi cukup kurang dari 30k, kita sudah bisa menikamati pantai yang indah nan eksotis

kedua pantai pameungepuk dan pantai rancabuaya ini keduanya di miliki oleh kabupaten garut dan itu merupakan sektor wisata pantai di garut selatan, kelebihannya pantai ini memeliki garis pantai yang panjang dan di perkirakan lebih dari 2 Km

Pantai garut selatan saat ini sudah mulai ramai oleh wisatawan dari berbagai kota di jawa barat seperti dari Kota Bandung, Kab. Bandung, Kab Cianjur, dll. dan kedepannya pantai rancabuaya dan Pameungpeuk ini termasuk rencana pembangunan wisata pak gubernur jawa barat untuk  di jadikan  kawasan wisata yang modern dan terintegrasi sebagi objek wisata yang unik, memeliki ciri khas dan juga menjadi pusat wisata yang d perhitungkan untuk masa yang akan datang dan cita-citanya ingin menyamai pantai Pangandaran yang ada di Kabaupaten Pangandaran

pantai-garut-selatan-pameungpeuk-notes-asher

Memang kita akui pantai Garut selatan saat ini masih minim  fasilitas dan juga pengunjugnya masih sebatas warga jawa barat pada umumnya, hal yang menjadi alasannya adalah akses menuju lokasi pantai garut selatan sulit di lalui, terutama tidak bisa masuknya kendaraan panjang dan lebar hal ini di persulit dengan kondisi jalan yang sempit dan belokan yang tajam serta terjal terutama melalui Pangalengan.

Untuk wisatawan  yang  menggunakan kendaraan bus perlu menepuh jalur Leles-Kadungora,-Tarogong Menuju Pameungpeuk-Rancabuaya, memutar ke Garut kota dan baru masuk ke pantai Rancabuaya,

Padahal menempuh dari bandung menuju pemeunpeuk via garut kota memakan  waktu tidak sedikit, sampai 5-7 jam terlebih di musim liburan, tapi kalau di bandingkan bandung-pangalengan-cisewu- rancabuaya hanya memakn waktu 4 jam dan memliki jalan hotmik, namun ya itu tadi hanya bisa di akses kendaraan kecil semacam elf dan kendaran pribadi

Eh bahas apa sih? Wkk,, nah untuk kali ini, untuk kamu yang akan merencanakan pelesir ke pantai selatan, alangkah baiknya memperhatikan tips ini dulu ya agar budget pengelauaran kita  bisa di tekan seirit mungkin

#1. Membawa makan sendiri dari ruman

Kita tidak pelu gengsi membawa makan dari rumah, misalnya ‘’duh saya gengsi euy bawa makan dari rumah ,mending bawa duitnya aja’’ itu tidak sedikit orang yang demikian, itu juga tidak ada salahnya sih, tapi kalau ingin hemat saat rekreasi kenapa tidak kamu bawa makan dari rumah aja, misalnya bawa nasi timbel,  bawa peralatan makan, air minum , apalagi kamu bawa mobil sendiri, itu lebih bagus lagi bisa membaewa barang lebih banyak.

Daripada beli di tempat wisata  kadang harnganya tidak ramah dikantong, apalagi harga bahan konsumsi pantai garut selatan ini terkenal mahal, dan pengalaman saya pernah membeli air mineral sampai Rp 8000/ botol untuk kemasan 600 ml,
emangnya kamu mau beli gitu ari mineral Rp 8000/botol?

Jadi untuk menghemat biaya kita persiapkan semua makanan berat, dan peralatannya dan bisa makan di pinggir pantai bersama keluarga, itu kan lebih nikmat dan makan bareng keluarga sambil menikmati deburan ombak Pantai Garut Selatan

#2. Membawa peralatan bakar ikan dari rumah

Nah kalau kamu merencanana untuk bakar ikan di pantai kenapa tidak membawa alat bakar itu sendiri, misalnya untuk manggang, nah gimana kalau kayu bakarnya? Untuk kayu bakar kita bisa memperoleh di tukang nelayan atau kita pergi ke pasar di sana banyak dan penjual kayu bakar dan kadang juga yang menjual arang aja, itu lebih simple

Sebetulnya sih tidak membawa alat bahan bakar ikan juga tidak masalah, soalnya di bibir pantai-ada yang menawarkan jasa bakar ikan namun harnganya itu lho yang mahal,  untuk jasa pembakaran ikan di pantai Rancabuaya yaitu harganya sama dengan harga ikan, misalnya harga ikan Rp 40.000/kg , maka membakarnya juga sama segitu, jadi ibarat membeli ikan Rp 80.000, hmmm muahal amat,,
Tapi jiklaua kita ingin merasakan bakar ikan sendiri yaitu resikonya harus bawa alat bakar sendiri dari rumah,

Kenapa tidak menyeawa aja, di pameungpepuk dan rancabuaya tidak ada yang menyewakan alat untuk bakar ikan khsusus tapi hanya tersedia di tungku pemilik warung masing-masing
Tapi kan gak mau ribet, gimana dong? Ya udah dah beli aja ikan yang sudah di bakar orang tapi hargnaya yang mahal hehe,,

#3. Beli oleh-oleh di  pagi buta

Oke rasanya kalau kita ke pantai rasanya berasa kurang manteb deh kalau pelesir tidak membawa oleh-oleh ke rumah. Iya gak? terlebih di rumah ada saudara yang siap menunggu bauh tangan dari kita, seperti ade, kaka, orang tua atau saudara yang tidak ikut, maka mereka pasti ngarep oleh-olehnya itu lho

Untuk membeli buah tangan dari pantai pasti identik dengan ikan laut,  nah untuk mendapatkan ikan dengan harga murah di pantai garut selatan, kita bisa datang ke pasar ikan lebih awal,  misalnya  pukul 03.00 -05.00 pagi, dan biasanya  harganya  relatif murah, karena nelayan baru tiba dari melaut, selain itu, ikan yang kita dapat masih segar dan jumlah banyak, kita bebas memilih pilihan ikann yang mana dan mau jensi ikan apa yang mau kita beli,

Nah apakah bisa langsung membeli dari nelayan, nah kalau kamu sudah masuk ke pasar tidak bisa membeli dari nelayannyta, tapi mesti melalui ke penjual pasar dulu, ini memang aturannya begitu atau apa yang jelas memang demikian

Tapi kalau kamu lagi beruntung dan si nelayan belum masuk ke pasar kamu bisa memperoleh harga miring, bisa beda Rp 5000/kg antara dari nelayan dan di pasar, apalagi kamu memblei ikan sejumlah banyak, pasti potongannya gede,

Nah jika kamu datang sudah agak siang pukul 07.00-ke atas,  ikan kebanyak sudah di borong oleh tengkulak untuk di pasarkan ke luar daerah, jadi stok ikan kadang habis dan ada yang tersedian namun hargahnya melambung

#4. Bayar karcis di jalur resmi

Sudah buka rahasia lagi kalau kita mantai ke garut selatan kudu hati-hati terutam mengadapi oknum yang kurang bertanggung jawab, misalnya kita mendapat tiket yang mahal banget, atau masuk tanpa menggunakan karcis, tapi  perlu masuk harus mengantongi karcis, itu berarti masuk objek wisata secara resmi

Nah untuk mengantisiapasi oknum yang tidak beres  kita harus masuk dari jalur resmi misalnya dari pintu masuk sudah di tentukan,

Emang ada banyak pintu masuk gitu? Untuk pantai rancabuaya memang banyak pintu masuk menuju pantai, tapi untuk pantai pameungpeuk sepertinya hanya satu pintu masuk saja
Kelebihannya masuk pintu masuk resmi kita bisa nmengantongi karcis antara harga yang terterda di karcis dan kita bayarkan masih sama, tidak ada markup harga

#5. Pilih tempat makan di warung kecil, agar harganya murah dan rasanya pun tidak kalah enak  

Seperti sudah di jelaskan di point satu, kalau kamu tidak membawa makan dari rumah, berarti konsekuensinya makan di tempat wisata, iya kan? Untuk memilih tempat makan yang murah kita bisa mencari di warung-warung kecil bukan macam di restoran,  karena ada perbedaan jauh masalah harga antar makan di resto dan di makan warung tradisional padahal rasanya relatif sama, dan yang membedakan hanya suasnya dan tempat,

Jadi kalau mau hemat uang cari warung kecil dan harga yang pas di kantung, untuk di temat wisata di  pantai garut selata masih banyak warung yang menawarkan  harga-harga yang murah dan juga bisa nego.

#6. Parkirkan kendaraan kamu di tempat resmi 

Nah ini lagi-lagi y ang menjadi masalah di tempat wisata garut selatan yang menjadi imasalah mengenai parkir, parkir ini menjadi perdebatan di antar  pengunjung dan tukang parkir tidak resmi, yang menjadi masalanya adalah kita tarif parkir mahal misalnya sepeda motor sampai 10.000/unit dan roda empat sampai 25k, dan untuk saat ini  masih belum ada titik temu,  yang menjadi biang keroknya adalah oknum-oknum masyarakat yang memanfaatkan situasi tertentu

Untuk parkir di usahakan memaskai tempat parkir khusus yang menggunakan karcis resmi jangan sembarang memarkirkan kendaraan sembarangan misalnya di pinggir pantai, nah ini mejadi lauk untuk oknum untuk memeras, jadi hati-hati

 Atau anda kebetulan menyewa hotel/penginapan lebih baik kendaraan anda di di tinggalkan di penginapan/hotel. Dan untuk di pantai rancabuaya misalnya memang dekat dengan bibir pantai seperti halnya vila hotel Jaya Sakti I-IV, dan  hotel ini termasuk hotel yang sudah lama keberadaanya dan termasuk hotel dengan haraga yang ramah di kantung

#7. Pergi Rombongan 

Untuk wisatawan yang datang rombongan menggunakan mobil kadang ada pemotongan harga karcis masuk,

Nah bagaimana kalau rombongan menggunakan sepeda motor? Ini tidak di sebut rombongan tapi masih tetap bayar perorangan, namun di hitungnya per motor

Untuk rombongan mobil lebih dari 5 orang di masukkan ke dalam rombongan dan pemotongan harga sampai 25%, nah ini kita bisa memanfaatkan situasi dan mengehemat anggaran,  yang rajin potong harga yang gede itu terutama di saat hari besar keagamaan islam, seperti saat liburan iedul fitri dan iedul adha atau natal sekalipun

Makanya gunakan saja kendaraan bus atau kendaraan pribadi agar pemotongan karcis masuknya gede

#8. Rekreasi di weekday bukan di weekend

Di hari weekenda dan  weekday kadang ada perbedaan tarif karcis misalnya di hari weekday Rp 15.000/orang kalau di hari weekend sampai Rp 20000/orang, nah untuk menghemat anggaran anda datang di hari senin-jumat, dan biasanya selain harga murah pengunjungpun kadang tidak begitu ramai hanya warga lokal dan nelayan dan juga warung-warung tempat makan pun sepi, dan kita bisa leluasa jalan-jalan dan tidak terlelu sesak

Okee itu ya bagi kamu yang akan merencakan liburan ke pantai garut selatan sebaiknya perhatian point di atas agar kita pelesiran santai dan tentunya happy

Images From: Instagram@garutngahiji @raykentalmanis

*** happy nice day
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar