Skip to main content

Ingin Melihat Hamparan taman hutan raya dan lembang Dari Ketinggian, Coba Datang Ke Tebing Keraton di Kampung Ciharegem Bandung

Ingin Melihat Hamparan taman hutan raya dan lembang Dari Ketinggian, Coba Datang Ke Tebing Keraton di Kampung Ciharegem Bandung-Tebing Keraton berada di atas perbukitan di sekitaran Dago, Lembang Bandung dan Tebing Keraton termasuk bagian dari Taman Hutan Raya Bandung,

Hutan yang memeliki ciri khas hutan pinus yang lebat, puncak gunung yang tinggi dan lempengan patahan lembang menjadi daya magnet tersediri untuk orang-orang melepas rasa jenuh dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari

pemandangan-dari-tebin-keraton-bandung-notes-asher
Pemandangan yang kita dapat dari Tebing Keraton-Bandung
Hutan Taman Hutan Raya memeliki luas kurang lebih 590  hektar  yang membentang dari Curug Dago sampai Maribaya dan Tebing Keraton memeliki ketinggian 770 mdpl sampai 1300 mdpl dari permukaan laut,  maka tidak heran udara yang di Tahura cukup dingin, bahkan saat sudah masuk ke daerah Padasuka juga sudah terasa hawa dingin

 Di tambah lagi rimbun pohon pinus dan lempengan lembang membuat suasana adem dan segar
Dulu sebelum Tahura di komersilkan dan di jadikan objek wisata yang keren,  Tahura di jadikan tujuan akhir para maniak sepeda goes, mengingat Tahura berada di ketinggian dan ini di angapanya cukup baik untuk mengolah fisik,
Baca Juga: PENTINGNYA MENYALAKAN LAMPU DI HALAMAN RUMAH SETIAP MALAM DEMI KEAMANAN
Dan ternyata sampai saat ini masih banyak pecinta sepeda yang tujuan akhirnya di Tahura tepatnya di Tebing Keraton, maka tidak heran kalau di hari minggu dan tanggal merah,  area Tahura khussunya di Tebing Keraton di penuhi dengan orang pecinta sepeda dan oran sekedar jogging, dan pada umumnya datang dari sudut Kota Bandung

Saya memeliki pengalaman berkujungu ke Tebing Keraton, ada ibu sekitar usia 35 tahunan yang terbaring lemas di pinggir jalan dengan muka merah, dan nafas ngos-ngosan dan kebetulan saya tanya, ibu tersebut mengungkapkan  beliau mengayuh sepeda dari Cicadas Kota Bandung sampai ke Tebing Keraton, seorang diri tanpa bantuan kendaraan, yang memakan waktu sampai 5 jam, mungkin seringnya mereka isirahat terleibh seorang diri.

Jadi jelas Tebing Keraton tempat yang asyik  untuk di jadian tujuan goes saat liburan atau hanya sekedar menguji kekuatang fisik, mengingat kondisi jalan yang menanjak dan membutuhkan energi tidak sedikit. saya cukup mengapresiasi kepada orang-orang yang mampu mengayuh sepeda sejauh itu dengan kondis tanjakan yang begitu luar biasa,padahal sayapun menggunan sepeda motor merasa lelah dan capek, apalagi mengayuh sepeda beuh,, mantap sekali tidak kebayang capenya sepeti apa
untuk bisa menikmati wahana yang ada di lingkungan taman Hutan Raya, kita bisa masuk dengan bayar tiket yang cukup terjangkau melalui 3 akses masuk

 Pintu masuk III

Pintu masuk taman hutan raya III berada di urutan petama di jumpai dari kota Bandung,  dan dan pos 3 ini merupaka aksesyang palng mudah untuk menuju objek wisata, Curug Dago dan Batu Prasasti Kerajann Thailand, Monument H, Ir, Djuanda, Kantor Balai Pengelolaan Taman  Hutan Raya, Gedung Informasi dan Museum, Panggung Terbuka, Taman Bermain, Out Bond Dan Goa Jepang

Nah untuk bisa menikamti semua itu kamu perlu jalan kaki, tinggal siapkan fisik yang kuat dan persediaan makan seperti nasi timbel  (nasi yang di bungkus dengan daun pisang) , dan menurut pengalaman saya menyusuri jalan di hutan pinus tidak begitu lelah terlebih di sepanjang perjalan kita di sunguhi pemandangan yang keren banget, justru jaan kaki manmbah semangat sebagai sarana olahraga untuk menunjang derajat kesehatan

Dan saya sempat berpikir sepertiya cocok untuk meditasi, karen memang lokasinya yang hening, suara-suara burung dan sesekali monyet yang bersuara dengan suara hawar-hawar dari kejauhan, tekesan damai dan penuh keheningan

Untuk tiket masuk pintu III Rp 15.000/orangn plus parkir sepeda motor Rp 5.000 dan mobil Rp 15.000

Pintu Masuk Pos I Dan II

Untuk mengakses Outbond, Goa Jepang dan  Goa Belanda kamu harus  masuk dari pintu masuk pos I dan II itu lebih dekat ketimbang masuk dari post III dan selain itu untuk menuju objek wisata Curug Koleang dan Jembatan Gantung kamu perlu jalan lagi lumayan jauh karean berada di Sungai Cikapundung, Penangkaran Rusa, Curug Kidang, Batu Batik dan Curug Lalay

Terus Tebing Keratonnya di mana?

Tebing Keraton berada di paling  ujung Taman Hutan Raya, dan berada di puncak gunung jadi kalau kamu menuju ke Tebing Keraton jangan masuk dari pintu masuk pos I,II dan III tapi terus saja menysuri tanjakan, sampai menemukan pemukiman warga Kampung Ciharegem

Jarak antara objek wisata yang ada di Taman  Hutan Raya Bandung

- Dari pintu pos I sampai dengan Monumen H. Dr. Djuanda /kantor Taman Hutan Raya = 200 m
- Dari pintu pos I dan pos II sampai dengan Goa Jepang = 500 m
- Dari Monument Ir. H Djuanda sampai ke Goa Jepang = 300 m
- Dari Goa Jepang sampai Goa Belanda = 700 m
- Dari Goa Belanda sampai ke Penangkaran rusa = 2 km
- Dari Goa Belanda sampai  ke Curug Omas Maribaya = 4 km
- Dari pintu masuk pos I dan pos II sampai dengan pintu pos Tebing Keraton = 5 km
- Pintu pos IV Maribaya sampai dengan curug Omas = 1 km

Nah itu  ya untuk peta lokasi wisata di Taman Hutan Raya dan tinggal kamu sesuaikan, tujuannya mau ke mana, ini penting untuk menentukan pilihan pintu masuk agar perjalanan tidak begitu jauh

#Alamat Tebing Keraton Bandung

Alamat lengkap Tebing Keraton Adalah Di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Dago, Kabupaten Bandung

untuk kamu yang datang dari Kota Bandung, tinggal terus menyusuri Jalan Ir Djuanda, dan belok kanan menuju ke arah foreswalk yang di sekitaran ITB  nah nanti belok ke kiri menuju Jalan Ismail Marzuki, dan terus ke atas sampai pertigaan belok kanan dan terus menyusuri jalan sampai menemukan pintu masuk pos III terus pos II dan terus sampai ke kampung Ciharegem dan memang lokasi Tebing Keraton paling ujung banget berada di paling puncak
untuk lebih jelasnya boleh lihat di peta ini

Silahkan lihat petanya gan


#Fasilitas di luar Tebing Keraton

kalau kamu sudah sampai di  Kampung Ciharegem berati kamu sudah sampai lokasi Tebing Keraton, nah sebelum masuk ke kampung ciharegem kamu akan di pinta dulu parkir Rp 5000/sepeda motor dan mengantongi tiket

lanjut, di atas banyak warung-warung berjejer, nah kita parkir motor dan mobil di halaman warung,  dan di sekitaran parkir terdapat mushala, warung makan, dan perisitirahatan

kamu bisa makan dan minum terlebih dahulu dengan menu sajian yang beragam seperti mie baso, kopi, camilan, nasi dan  beragam minuman, dan uniknya pemilik warung pada baik-baik, jadi jangan malu-malu dah

tapi  yang saya keluhkan harga makanan pada mahal hehe …nah untuk kamu yang akan membawa makanan ke lokasi Tebing Keraton,  lebih baik beli di luar lingkungan wisata biar dapet harga murah

pengalaman saya pernah makan mei rebus plus telor Rp 10.000
ari mineral Aqua Rp 6.000/botol ukuran 600 ml
keripik singkong Rp 4.000

tuh kan lumayan mahal,, hehe tapi menurut saya harga di tempat wisata memang mahal, dan umummnya kadang harga demikian

#Fasilitas Yang Ada Di Tebing Keraton

Tempat Swafoto

petunjuk-masuk-tebing-keraton-bndung-notes-asher
Aturan yang harus kita patuhi


Tempat swaphoto dari ketinggian Tebing Keraton-Bandung


tempat-swaphoto-di-tebing-keraton-bandung-notes-asher

Temapat-istirahat-ditebing-keraton-bandung-notes-asher

Di temapt ini memang jantungnya para pengunjug, di lokasi Tebing Keraton bisa melihat hamparan hutan pinus yang luas dan pegunguan yang tinggi, pemukiman warga dan kota Lembang dari ketinggian,

dan kamu bisa mengambil photo sesuka hati dengan sudut dan angel yang kamu mau, namun perlu hati-hati lokasi di luar pagar pembatas cukup curam sampai 90 derajat , jangan sampai gara-gara ingin memenuhi feed instagram malah nyawa melayang,

Tapi tenang di area puncak Tebing Keraton aman kok, soalnya sudah ada pagar pembatas, jadi awas jangan melewati pagar itu

Dan menurut saya di photo pemandangan menggunakan drone itu kayanaya lebih bagus bisa memotret landscape Tebing Keraton secara keseluruhan,
sok yang memeliki drone bawa ke sana, atuh ya,,,

Bisa Berburu Sunrise

Nah kala kamu ingin berburu sunrise, kamu kudu datang  pagi buta begitu pintu pos karcis buka, cuss kamu masuk segera, kamu akan mendapatkan view pegunungan yang luar biasa menakjubkan, dan pastinay tidak akan mengecewakan di tambah lagi kabut tipis, menambah suasana semakin indah dan mantap

Berburu Sunset

Tak hanya berburu sunrise tapi kamu juga bisa berburu sunset menjelang maghrib tapi ini mutlak perlu cuaca terang, mislanya saat cuaca tidak turun hujan dan lebih baik lagi musim kemarau
kalau berburu sunset ingin banyak orang, pilih di akhir pekan karena pengunjugnnya banyak di banding hari biasa dan terutama muda-mudi, dan pada umumnya pasangan, yang jomblo minggir dulu

oh iya tidak kalah penting sebelum kamu cus ke sana, perlu memakai pakaian tebal macam wool atau apapun itu, untuk menahan gempuran tiupan udara dingin

Area Camping Ground

Nah untuk kamu yang akan merencanakan camping ground di Tebing Keraton, kamu tidak perlu pesan jauh-jauh hari macam pessen hotel gitu,  tapi tinggal cuss ke lokasi, bayar dan langsung masuk, dan di Tebing Keraton tidak menyediakan penyewaan alat camping, jadi kamu kudu bawa sendiri dari rumah
area-camping-gorund-tebing-keraton-notes-asher
Area camping di Tebing Keraton

area-camping-gorun-tebing-keraton-bandung-notes-asher
Lokasi Camping Ground


di sekitaran camping ground lokasinya teperlihara dan bersih, sampah-sampah dikumpulkan di  penampungan khusus dan terliaht pulak sisa pembakaran sampah

nah apa yang ada di sekitaran camping ground

- Mushala

di sekitar camping ground tersedia mushala dan terkesan terawat dan walapun di area hutan tidak ada kesan seram atau takut

- Toilet

toilet-di-tebing-keraton-bandung-notes-asher

koondisi-toilet-di-tebing-keraton-notes-asher
Toilet di tempat Camping Groun Tebing Keraton

kondisi-toilet-di-campiing-gorund-notes-asher

area-camping-ground-tebing-keraton-bandung-notes-asher
Area camping ground

toilet-di-camping-gournd-tebing-keraton-notes-asher

walau di hutan masalah toilet sudah keren bener, dan macam di mall aja broh,, hehe dan bersih dan terpelihara dengan baik

- Tempat Api Unggun

Nah ini yang saya suka, di Tebing Keraton kamu bisa bebas bikin api unggun, untuk mendapaatkan kayu bakar kamu perlu mencari kayu kering dari pohon dan ranting yang sudah tua dan jangan pulak menebagn pohon sembarangan ini bahaya kamu bisa di jerat hukum tuh

bisa dari ranting pohon pinus tapi awas jangan sampai bikin api unggun sembarangan tempat, karena sudah di sediakan di lahan khusus, dan setelahnya api unggun di usahkan di matikan kembali

oh iya, kudu hati-hati saaat ada segerombolan monyet, untuk kamu yang membawa makanan jangan di simpan sembarangan, takutnya memancing monyet untuk turun, tapi lebih baik simpan dalam tas dan resletingnya di tutup rapi

Menara Pengintai

Saya pertama kali menginjakan kaki di menara agak sanksi fungsi menara ini buat apas sih? di gunakan untuk meliahat pemandangan kurang terliaht viewnya, apalagi di pinggir menara tumbuh pohon tinggi

bangunga berdiri 2 lantai dan terlihat kosong dan kurang terawat, malahan muncul coretan kagak jelas, namun di sisi lain menara ini di manfaatkan pengunjung untuk berteduh di saat hujan atau panas

menara-pengintai-tebing-keraton-bandung-notes-asher
Menata Pengintai Tebing Keraton

fasiilitas-di-tebing-keraton-notes-asher
Muncul ocretan yang tidak bertanggung jawab


Tempat Istirahat Duduk

Di sekitaran lokasi Tebing Keraton berdiri bangunan di gunakan untuk istirahat duduk atau bisa di gunakan untuk makan-makan, ukuran 3.5 x 3.5, dengan kokoh dan terdapat tempat duduk dari sebilah kayu besar dan bersih

tempat-istriaht-di-tebing-tebing-keraton-bandung-notes-asher
Tempat Istirahat yagn bisa kita manfaatkan


# Tiket Masuk Tebing Keraton Bandung

Untuk tiket masuk ke Tebing Keraton adalah Rp 15.000/orang, parkir sepeda motor Rp 5000/motor, kendaraan roda empat Rp 10.000-15.000

Harga tersebut termasuk asuransi kecelakaan diri pengunjung

Meninggal akibat kecelakaan Rp 40.000.000
Santunan cacat tetap maksimum Rp 40.000.000
Biaya pengobatan dan perawatan akibat kecelakaan maksimum Rp 7.000.000
Santunan utang duka untuk meninggal bukan akibat kecelakaan Rp 5.000.000
Petanggungan ini berlkau antara usia 4-70 tahun
(sumber: Karcis Taman Hutan Raya Bandung)

Kendaraan Umum Yang Menuju Lokasi Tebing Keraton

Untuk saat ini memang tidak ada kendaraan umum yang melewati ke Tebing Keraton, selain tempanya di puncak gunung, juga memang jalanya yang kecil dan menanjak, tapi walapun kecil tapi sudah di aspal dengan baik walapun ada sebagian jalan yang berlubang tapi masih kategori wajar
jadi untuk kamu yang membawa kendaraan roda empat, perlu hati-hari jangan sampai kebut-kebutan, kendaraan memang jarang, perlu hati-hati itu karena ada sebagian jalan di jaga polisi tidurnya broh,,,
dan saran saya sebaiknya bawa kendaraan sendiri, itu lebih aman, tapi kalau kamu maksa pakai kendaraan umum bisa menggunakan jasa tukang ojek dari Padasuka atau Gordon dengan ongkos lumayan, atau mungkin bisa menggunakan jasa ojol

Nah itu ya kira-kira, nah kapan nih kamu akan ke Tahura atau ke Tebing Keraton? seru lho, kalau kamu merasa penat dengan urusan kerja, urusan kuliah, sepertinya piknik ke kawasan hutan pinus menjadi pilihan yang cocok dah,,biar ngemabaliin mood semangat kamu

Sosmed dan telepon Taman Hutan Raya Bandung

Instagram : Tahuradjuanda.official
Facebook  : Tahura Djuanda
Whatsapps : 081 22 083 0870
Telepon          : (022) 2515895
Email              : Tahuradjuanda.Official@Gmail.Com
Situs            : www.Tahuradjuanda.jabarprov.go.id

Sumber Informasi :karcik Taman Hutan Raya Bandung
*** Happy  nice day
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar