Skip to main content

Dulu sementara di tutup, sekarang Taman Tegalega sudah di buka kembali

Dulu sementara di tutup, sekarang Taman Tegalega sudah di buka kembali -Siapa sih  yang tidak tahu dengan Taman Tegalega, untuk orang Bandung pastinya sudah tahu dong taman yang memeliki luas lebih dari 15 hektar ini, karena memang Taman Tegalega ini taman sekaligus tempat Monumen Bandung Lautan Api

Taman Tegalega merupakan taman yang paling banyak di kunjungi oleh warga Bandung khsusunya terutama di akhir pekan untuk sekedar jalan-jalan, jogging dan mungki hanya selfie ria bersama teman dan pasangan mereka

jembatan-taman-tegalega

Kata Taman Tegalega ini di ambil dalam bahasa sunda, Tegal artinya lahan yang di tumbuhi tumbuhan, baik itu pohon, ilalalng dan semacam rerumputan, dan Lega, artinya luas, jadi bisa di artikan secara sempit adalah tegal luas, namu pada kenyataanya tidak sama dengan arti kata, taman yang di jadikan tugu Bandung lautan api tidak seperti namanya,  tapi tegalega adalah taman yang memeliki keindahan, tertata rapi bersih dan sejuk, bahkana ada sala satu surat kabar, Taman Tegalega adalah Jantungnya kota Bandung, dan saya setuju dengan pernyataan itu, karena taman ini tumbuh beragam jenis pohon yang membuat Kota Bandung jadi sejuk

Baca Juga: Kenapa Whatsapp Saya Sering Muncul Peringatan Kadaluarsa

Jika kita ingat Taman Tegalega maka kita tidak akan lupa perjuangan orang Bandung melawa penjajah di kala itu, yang mana monumen yang di abadikan dan di jadikan tugu Monumen Bandung Lautan Api sebagai lambang perjuangan bangsa Indonesia terhadap penjajah di kala itu, dan untuk mengingatkan perjuangan orang Bandung khususnya di bangunlah Monumen  Bandung Lautan Api dengan ciri khas obor/oncor yang menjulang tinggi berwarna merah  yang tingginya lebih dari 20 Meter

taman-tegalega-bandung


Lapangan Tegalega Bandung saban minggu dan bahkan hari banyak di kunjungi oleh warga terutama di saat akhri pekan tiba, mereka datang untuk olahraga, jalan-jalan, atau mungkin  hanya menghirup udara segar, karena memang di Taman Tegalega ini memeliki lahan yang luas cocok untuk melakukan beragam kegiatan seperti jogging, jalan santai, sepedaan dan selain itu suasan udara di taman cukup sejuk dan menyegarkan

kebun-sawit-taman-tegalega-bandung

Sudah lelah jalan santai atau jogging kita bisa belanja makan dan minuman serta pakaian masih dalam lokasi yang sama karenan memang didala tegaleaga ini banyak epnjual makana,minuan , dan penjual beragam jenis pakaian dengan menawarkan harga variatif

Renovasi Tegalega Bandung


Beberapa bulan belakang memang Taman Tegalega untuk semenataa di tutup terutama yang dekat dengan tugu monumen nasaional samapi mendekati jalan BKR karena memang ada renovasi serta ada pembangunan taman baru, namun untuk saat ini sudah di buka kembali  untuk umum, dan dibukanya Taman Tegalega itu pada pada hari Jumat 24 Mei 2019 oleh Walikota Bandung Pak Oded M Danial

taman-tegalega-tempat-makan

Setelah di bukanya Taman Tegalega cukup di sambut antusia warga karena terbukit dua hari setelah pembukaan banyak warga yang datang ke taman tersebut, mungkin untuk melepas rasa kangen,  saat ini bisa di kunjungi masyarat dan tentu saja orang hobi jalan-jalan dan selfie merasa gembira, telebih ada fasilitas baru, dan renovasi lapangan di dekat tugu semakin bagus

Setelah adanya renovasi, saya lihat ada beberapa perbaikan seperti di depan tugu lantainya di ganti denga batu, perbaikan tiang-tiang bendera, di sebelah selatan dekat taman dinosarus di bangun semacam tempat makan, tembok pembatas di desain apik dan unik,  di lapangan  upacara di bentuk untuk  menanam bunga dan taman dinosarurus, selan itu pemberian corak lantai dengan relief-relif keren membuat lapangan di depan tugu semakin indah dan terkesan rapi

Untuk di sebelah selatan yang berhadapa langsung dengan Museum Sribaduga ada semacam banguan tinggi di perkiarana lebih dari 10 meteran dengan menggunakan tangga-tangga  dan dan di atasnya terdapat tulisan gede  ‘’TAMAN TEGALEGA BANDUNG’’ untuk bagian bawahnya ada lorong, dan saya belum tahu fungsinya untuk apa, karenan memang pada saat itu tidak di perbolehan oleh petugas untuk memasukinya, bisa jadi perpusatakan atau apa, saya belum tahu pasti

taman-tegalega-dibuka-ekmbali


tempat0-nongkrong-dibandung


Di depan tulisan yang gede itu,  sering kali pengujung di  jadikan objek selfi, memang desainya keren dan unik tapi sunggung sangat di sayangkan ada sebagian lantai yang terkelupas dan kurang menarik, tapi untu maniak selfie tidak menjadi alasan untuk tidak di photo

Terutama di malam hari di depan tulisan Taman Tegalega Bandung ini keren karena di sinari lampu  membuat terkesan unik dan apik,

Para pengendara sering kali memalingkan perhatiannya ke tulisan TAMAN TEGALEGA BANDUNG, karena dari Jalan Raya BKR cukup terlihat jelas maka dari itu sering kali para pengendara memarkirkan kendaraanya di bahu jalan lalau berphoto di dekat tulisan Taman Tegalega Bandung ini,

Jadi untuk anda yang saat ini akhir  pekan di Bandung atau orang Bandung sekalipun kamu perlu mengujungi ke Taman Tegalega ini ya, itung-itung jalan-jalan sambil meliahat panorama baru aja, gimana?

Untuk di hari weekday pun  masih terbuka untuk umum dan apabila ingin seru dan ramai banyak pengujung bisa datang di  hari minggu, di hari itu pengujung dan pedagang lumayan banyak

Masuk Taman Dinosaurus bayar

taman-dinosaurus-tegalegab-bandung


taman-dinosaurus-bandung

Saat saya berkunjung ke Taman Tegalega, pada saat itu di kira masuk ke Taman Dinosaurus tidak perlu biaya dan seperti memasuki taman lainnya di Bandung, eh ternyata setelah saya masuk ada petugas menghampiri sambil menyodorkan karcis, saya kira tiket apaan setelah berbincang, itu adalah tiket masuk Taman, dan saya sempat berpikir, lho kenapa ya,  masuk taman mesti bayar padahal fasilitsanya cuman itu-itu doang? Dari pada banyak tanya saya akhirnya bayar Rp 2000 dan urusan selesai, dan pantas saja masuk taman dinosauru di tutup dengan kawat dan masuk lewat satu pintu,  dan di jaga saptam pula, karena tujuannya untuk di karcis, padahal saya rasa kalau taman semacam ini gak usah bayar dah, seperti taman-taman yang lainnya  aja


Taman Tegalega terbaru dan tempo dulu


Seperti sudah saya singgung di atas Taman Tegalega memeliki beberapa perubahan yang bisa kita lihat, seperti pembangaun dan perbaikan serta  renovasi bangunan yang sudah ada, jadi beda banget tempo dulu dan sekarang Taman Tegalega jauh lebih bagus dan menarik sekaranng walapun ada sebagian bangunan dan lapangan sisi-sisi belum sepenuhnya beres, namun ini pun  sudah menjadi prestasi luar biasa atas kinerja Pemda Kota Bandung

Ada kabar baik di Taman Tegalega ada mesjid besar dan saat ini masih tahap pembangunan namun sudah bisa di gunakan yang konon katanya bisa menampung sekitar lebih dari 1000 jemaah, dan selain itu akan menghadirkan perpustakaan, mungkin bebeapa tahun kedepan Taman Tegalega akan semakin baik tertata rapi dan memeliki fasilitas bagus, kita tunggu aja kinerja Pemda Kota Bandung selanjutnya

Jadi saya rasa cocok banget untuk kamu yang ingin jalan-jalan murah di Bandung  dan selayaknya dimasukkan ke dalam draflist untuk di kunjungi di sela-sela mengunjungi tempat wisata di Bandung yang menarik lainnya.

Nah tertarikah untuk mengujungi Taman Tegalega Bandung?
** Happy Nice Day
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar