Skip to main content

Kegiatan yang Bisa Lakukan di Bulan Puasa Agar Hari Menyenangkan

Kegiatan yang Bisa Lakukan di Bulan Puasa Agar Hari Menyenangkan-Alhamdulillah kita sudah memasuki bulan puasa lagi ya, bulan penuh bekah khususnya umat muslim di seluruh dunia,  bulan puasa adalah bulan kemenangan, bulan penuh berkah dan bulan tersegalanya di antara bulan lainnya, untuk bulan puasa tahun 1440 H ini jatuh pada bulan bulan Mei 2019

Di Bulan puasa khususnya umat muslim untuk menghabiskan hari-harinya dengan kegiatan yang menyenangkan di saming melakukan ibadah seperti tadarusan pengajian dll,
Untuk di Garut ada istilah ngabuburit, ngabubui ini di isi dengan hal-hal yang sifanya menyenagkan sepeti jalan-jaan, membuat olahan, melakukan permainan dll

Untuk mengusir rasa bosan dan menghabiskan waktu tiap daerah memeliki pola kebiasaan masing-masing, -misalnya di Garut ngabuburit dengan kegiatan mancing, jalan-jalan, membuat olahan anyar dll, bisa jadi di daerah anda beda dengan daerah Garut ini, atau mungkin memeliki kemiripan

#Ngabuburit


Istilah Ngabuburit adalah bahasa sunda, namun istilah ngabuburit ini sudah menjadi bahasa umum. Ngabuburit ini di lakukan dari tengah hari sampai menjelang bedugg maghrib
Ilustrasi umat muslim di bulan puasa menunggu maghrib bagaikan menunggu bidadari turun dari kahayangan, sungguh di natikan kehadirannya setiap hari

Baca Juga: Tempat Jogging Trek Terpanjang Di Bandung

Khususnya di Garut Ngabuburit  identik dengan jalan-jalan, ngobrol, berburu kuliner makan takjil atau untuk anak- remaja di isi dengan  free style sepeda motor untuk sekedar mengusir rasa bosan dan bukan untuk unjuk kekuatan atau sombong

#Membuat Olahan Makanan Takjil


Khusunya ibu-ibu muda yang rajin, ibu ibu biasanya mengisi hari-hari bulan puasa dengan membuat olahan makanan untukk buka puasa keluarga, seperti membuat candil, kolek, mencoba resep baru, rujak dan atau sudah mendekati hari raya di sibukan dengan membuat kue, baik untuk kebutuhan keluarga maupun memenuhi pesenan dari tetangga, memang jika di tekuni dengan rajin olah membuat kue bisa menghasilkan rupiah dan di jadikan sebagai usaha  sementara dan itung-itung sebagai pemasukan keuangan keluarga sebagai bekal lebaran nanti

Dan yang  menarik ibu-ibu jaman now itu mencari informasi,  untuk membuat resep msakan datu minuman yang enak, cukup di mudahkan yaitu dengan adanya internet dan gadget di gengagaman mereka

misal cara membuat candil, tinggal ambil smarphone lalu search di Google, jreng… jreng mucul beberapa blog yang berkaitan dengan resep candil, menarik memang adanya teknologi digital ini membuat kita di mudahkan dalam segala hal, yekan ibu-ibu?

#Mancing


mancing-ikan-di-kali-rawa-sungai
Kegiatan mancing Ikan

Utuk masyarakat yang dekat dengan danau, sungai atau orang yang memeliki kolam sendiri bisa di isi dengan kegiatan mancing dan tentunya menjadi kegiatan yang mengasyikan

Selain waktu bisa di pergunakan untuk kegaitan yang positif, kitapun bisa memperoleh ikan dan bisa di konsumsi keluraga untuk lauk buka puasa dan apabila memperoleh banyak bisa dijual ke tetangga atau pasar

Untuk orang yang sudah hobi banget dengan mancing bahkan ada orang yang rela bolos dari tempat kerja hanya sekedar di ajak temannya untuk mancing, hmm luar biasa bukan

Pada umumnya orang mancing di bulan puasa bukan serta merta tujuan utama mendapatakan ikan, tapi lebih untuk hanya sekedar mengisi waktu kosong dan menuggu bedug maghrib aja, walapun tujuan  utamanya adalah mendapat ikan

#Main Layangan


main-layangan-untuk-santai-dan-ngabuburit
Layangan karakter

Tidak mengenal usia khususnya di Garut di bulan puasa masyarakat pada umumnya membuat layangan sebagai kegiatan untuk ngabubui dan mengusir rasa bosan karena lamanya hari
Layangan yang mereka buat cukup beragam bentuk ada mirip pesawat terbang, mirip ikan dan bentuk-bentuk lain dan sekereatif mungkin, untuk itu lama penegejaan membuat layangan karakter hewan cukup lama bisa sampai seminggu , karean butuh keletitian tinggi agar si layangan bisa terbang

Untuk layangan jumbo bisa kendalikan lebih dari 3 orang, dengan alasan sulit di kendalikan, dan untuk layangan karakter ini tidak di pertandingkan,  beda dengan layangan standar biasa di adukan dengan orang lain, layangan karakter hanya hiasan belaka untuk di lihat keindahannya
Namun sungguh sangat di sayangkan apabila di bulan puasa cuaca malah mendung atau saat musim hujan, maka kegiatan main layangan ini bisa berhenti dan waktu akan terasa lebih lama

#Membuat Mercon Dari Bambu


mercon-dari-bambu
Mercon dari bambu

Kalau petasan bisa dilakukkan mendakati hari raya, door.. daaarr.. di mana-mana, tapi khusuny di Garut masih pertengahan puasa anak-anak sudah meminta kepada orang tuanya untuk di buatkan ruas dari bambu dan minta di belikan  karbit sebagai bahan dasar petasan

Karbit memang idealnya digunakan untuk mematangkan buah secara cepat karena memeiki karakter panas, tapi di Garut karbit di gunakan sebagai bahan dasar petasan bambu/petasan tabung yang memeliki daya ledak tinggi

Yang menyukai petasan bukan hanya bocah dan anak remja tapi ada banyak orang tua yang ikut-ikutan dengan kegiatan ini, dengan alasan ingin bernostalgia di masa muda

Petasan tabung terbuat dari bambu tebal seperti dari bambu aur dan sudah tua, agar tahan terhadap ledakan, namu alangkah lebih baik menggunakan tabung besi itu lebih awet dan anti pecah, bisa menggunakan bekas pipa yang ukurannya sebesar paralon diameter 5 inci, semakin besar tabung, suara yang dihasilaka semaki menggelegar

Saat meledakan petasan tabung perlu memilih tempat yang tinggi dan jauh dari pemukiman warga, lalu di arahakan ke temat terbuka, maka dentumannya bisa menjangkau puluhan kilo meter, dan itu yang di harpakan oleh para anak-anak

Tapi sangat di sayangkan apabila kamu hidup di perkotaan kegiatan main petasan bambu tidak akan bisa lakukan, karena memang tida adanya dataran tinggi dan bisa mengganggu tetangga, dan petasan bambu ini menghasilkan dentuman dahsyat layaknya bom atom kelas teri, bisa menghasilkan suara ribuan desibel

#Main Kelereng menjadi hal yang mengasyikan


anak-desa-main-kelereng
Main kelereng kegiatan yang mengasyikan

Keagitan  main kelereng ini masih di sering di lakukan oleh bocah-bocah yang ada di Garut, main kelerng adala peramaina yang sangat mengasyikan dan sebagai permaiana yang membut hari tidak terasa lama

Permaina kelereng di lakukan oleh anak-anak antr kampung atau antar sekolah , anak yang datang ke kampung tertentu di sebut istialah ‘’Marag’’, Marag itu adalah anak kampung sebelah menantang bermain kampung yang lainnya

Dan biasanya anak-anak berkeliling seusai sekolah, dan masing-masing membawa kelereng sebanyak-banyaknya

Ada sebagian orang tua yang berpendapat main kelereng ada sedikit unsur judi sebab pola permainan ini adalah siapa yang pandai memainkan, itu yang akan mendapatkan kelereng lebih banyak

Apakah anda sertuju dengan pernyataan ini?

Main kelereng bisa dilakukan di perkotaan misal di gang-gang komplek atau di pinggir jalan komplek, dan tempat permainan kelereng ini tidak membutuhkan lahan luas, asalkan memeliki permukaan tanah  datar, aman dan kita sudah bisa memainkannya

Namun untuk anak perkotaan kadang enggan untuk main di luar rumah dengan alasan tertentu, bisa orang tua yang melarang atau anak  yang malas keluar rumah

#Memainkan Play Station (PS)


Ini masalah anak-anak lagi, mereka waktu di habiskaan di depan layar komputer atau TV sambil menikmati  game, entah game online maupun offlien,  dari segi pendidikan untuk puasa memang baik, dan tidak membuat anak lapar minta jajan atau minta makan,  namun efek negatif anak sering main PS  bisa keatagihan dan bisa terbawa sampai bulan puasa habis, selain itu bisa lalai dalam belajar atau kegiatan positif lainnya

Untu itu sebagi orang tua perlu bisa mensortir waktu mana untuk main game dan mana porsi untuk kewajiban belajar di rumah, jadi peran orang tua di sini lebih di tingkatkan lagi nih
#Nonton Film di rumah juga tidak masalah kok

Waktu 6 jam atau sampai lebih dari 6 jam untuk nonton film waktu tidak terasa apalagi nonton film kesukaan kita banget

Makanya pengalaman saya sebulan sebelum bulan puasa sudah menyetok film dengan jumlah banyak minimal 30 judul dengan beragam genre dan di tonton perhitungan perhari 1 judul film tapi jikalau masih kurang dan masih seru, bisa menonton 1-2 film per hari,

Dan untuk jaman modern jama segalanya dimudahkan, mendapat film cukup mudah apabila tidak punya duit langsung download film dengan mudah di situs-situs penyedia film,  atau untuk menghargai para pembuat film apa salahnya kita beli CD asli sebagai apresiasi karya mereka
Saya menonton film terutama di saat tengah hari atau menjelang sore, karena kebasisaan saya enggan untuk jalan-jalan sore macam orang lain ngabuburit gitu, alasan sederhananya adalah saya enggk mau macet-macetan terlebih di kota Bandung apabila menjelang magrib, uahh,,, padat banget tuh jalan

Alasan lain yang tidak ma keuar rumah saat sore ahri di bulan puasa adalah malu,  beda dengan masa bocah dulu, jalan kemanapun tidak masalah, nah ini udah gede gini, masih jalan-jalan, malu atuh , dan sebetulnya bukan hanya itu, kalau menjelang sore hari suka lesu, mager apalagi bulan puasa kek gini dan jadi malas mau keluar rumah, jadi mendingan diem, nonton, udah itu aja

#Tidur Siang Menjadi Primadona


Ada ungkapan tidur adalah ibadah, apakah betul demikian?
Untuk pandangan saya tidur adalah ibadah berasumsi, lebih baik tidur di banding caci-maki orang. Bisa saja asumsi anda beda dengan saya, yekan?

Tapi yang jelas  tidur dan gak tidur rasanya tetap sama, yaitu sama-sama lapar tapi jangan sampai karena tidur itu ibadah, terus aja tidur, mengabaikan aktivitas lain, dan ujung-ujungnya badan melebar dan berat badan meningkat, nah ini mungkin yang tidak anda harpakan juga kan.

Nah itu , ya pemirsa, kegiatan di bulan ramdhan yang bisa kita lakukan, atau mungkin ada kegiatan lain yang bisa membuat hari–hari tidak terasa lama di bulan puasa, boleh deh meluangkan waktu sebentar untuk menulis komentar di bawah

Selamat menjalankan puasa, semoga hari-hari menyenangkan dan  mendapat amal yang lebih dari Allah SWT

*** Happy nice day
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar