Skip to main content

Makanan Takjil yang Banyak Di Buru Oleh Orang Bandung

Makanan Takjil yang Banyak Di Buru Oleh Orang Bandung-Sudah biasa pedagang saat bulan puasa mereka berjualan berbagai jenis makanan takjil, makanan takjil itu dari tahun ke tahun relatif sama, seperti kolak, gorengan  dan itu terus tiap tahun demikian

Beberapa jenis makanan takjil memang sudah menempati istimewa di hati penggemarnya seperti , gorengan dengan orang Jawa Barat, pempek dengan orang Palembang, begitpun jenis makanan yang lainnya

terlepas banyaknya jenis makanan yang menjamur di masyarakat, ada lho makanan yang banyak di buru para pemburu takjil apakah itu?

#Gorengan (bala-bala, gehu, tempe)

gorengan-gehu

Siapapun jikalau sudah makan gorengan pasti mereka ketagihan, awalnya icip-icip dan di rasa sudah enak pasti di lanjut mau dan mau lagi, itu adalah daya magisnya camilan gorengan

Gorenga laku keras di saat bulan puasa tiba karena di anggap camilan yang cocok saat di konsumsi saat buka puasa, karena rasanya yanga enak dan harga murah, dan terlebih komposisi gorenga itu berupa sayuran dan terigu yang kaya karobidrat , jadi bala-bala itu adalah salad orang sunda
gorengan yang paling banyak di buru  adalah bala-bala, risoles, gehu dan aneka gorengan dari ubi dan kalau di bandung banyak penjual di roda dorong yang menjajakan  gorengan itu dalam keadaan hangat
Baca Juga; Rekomendasi Tempat Ngabuburit: Kunjungi 19 Tempat Asyik yang Ada di Pangalengan sampai Cisewu untuk Menunggu Bedug Maghrib
Jadi cocok rasanya di jadikan camilan setelah makan nasi, dan kalau saya malahan sebelum makan apapun yang penting minum dulu (sunda: ngabatalan) lansung ambil gorengan, dan itu enak banget

#Kolek

makanan-diburu-di-bulan-ramadhan
Kolek singkong

Kolak bisa di buat dari berbagai jenis bahan, yang sering di jadiakan bahan dasar kolak adalah ubi, singkong, tepung aci singkong untuk candil,  kolang-kaling memang kemasan bahan itu jika sudah di olah di tangan yang tepat  rasanya enak dan menggugah selera terelabih di beri warna-wanti yang menarik, untuk di kota Bndung satu bungkus kolak di jual dengan harga Rp 5000/bungkus, kalau di daerah anda berapaan satu bungkus kolak?

kolak tiap tahun tidak pernah absen,  seakan mereka tidak mau ketinggalan jaman di jagat makanan  takjil, yang membut kolak terus eksisi adalah karena penggemarnya yang tidak pernah surut dan kolak bukan hanya di bulan puasa di hari-hari biasapun laku keras, karean yang citrasa yang enak dan menggugah selera

#Jus sayur atau buah

minuman-di-buru-saat-bulan-puasa
Jus buah segar

Di lihat dari segi kesehatan jikalau perut kosong lalu di beri minum jus, bisa merangsang asam lambung naik, saya juga setuju dengan pernyataan tersebut  karena memeng pernah memeliki pengalaman peru saya menjadi sakit

tapi kendatipun begitu masih tetap banyak orang selagi perut mereka masih saja makanan pembuka puasanya adalah jus, padahal untuk kamu yang memeliki gangguan lambung misalnya memeliki sakit lambung (maag), sebelum makan apapun makan dulu buah yang tinggi kalori misalnya kurma dulu beberapa biji dan tunggu sampai 5 menit baru minum jus, agar si lambung tidak kaget dan langsung mengkerut karena dinginnya es jus

#Cilok (sunda:aci di colok)

makanan-khas-bandung-notes-asher
Cilok Khas Bandung

Kalau orang bandung pasti  tidak asing lagi dengan cilok, di lumuran kuah kacang macam batagor, cilok singkatan dari aci di colok (olahan dari tepung di bikin bulat dan di tusuk dengan bambu), memang makanan ini makan favorit anak kecil tapi orang tua juga kadang kabita pengen mencobanya, apalagi di beri kuah yang gurih dan di tambah sambal, itu enak banget terlebih di saat perut lapar

Makan cilok saat perut kosong memang tergolong aman dan tidak mengadung bahan pengawet, namun perlu waspada  apabila menambah sambal yang lada itu yang perlu di perhatikan bisa jadi perut anda sakit seketika

#Aneka minuman dari bahan Es

Saat perut lapar dan haus melanda, karena puasa seharian tidak kemasukan makanan dan minum, mungkin  minum es menjadi pilihan yang tepat

Banyak ragam es yang di jual di pasaran seperti, es cendol, es krim, es doger, es potong dan dan esrot (es beku yang sudah mencair), kesemua jenis es itu memeliki penggemarnya masing-masing, seperti anak–anak mereka memilih es krim, dan orang tua makan es cendol atau jenis es yang sudah di campurkan dengan buah (es buah)

walapun perut haus dan dahaga, jangan sesekali buka dengan es, tapi pertama kali pembukaan tetap harus air putih di tambah dengan kurma atau kolak, kerana lambung kosong sangat sensitif terhadap dingin dan di khwatirkan perut sakit dan mual saat di masukan nasi

#Lontong

jajanan-yang-di-buru-saat-takjil
Lontong Bandung

Lontong isi daging banyak di buru bagi mereka yang akan buka puasa,  lontong di buat dari  nasi  yang di bikin lembut  kemdian di bentuk bulat panjang seperti buras
Di dalam lontong tersebut di isi dengan daging, ada ayam, daging sapi, mie atau lontong kosong yang tidak ada apa-apanya,  hanya buras doang

Harga yang di tawarkan cukup murah per buah lontong diametear 2 cm di hargai 3k untuk lontong isi (ayam, sapi, atau mie) dan lontong tanpa isian hanya 2k

Makan lontong saat buka puasa abapila belum mau makan nasi, misalnya ah makan nasi belum mau mendingan makan lontong dulu., dan itu tidak masalah karena ada bahan dasar nasi

Dan sayapun pernah pengalaman buka puasa dengan makan lontong doang, karen di jalan saat pulang kerja keburu maghrib dan akhirnya di ganjal perut dengan lontong 10 biji dan itu enak banget dan berasa makan berat aja wkwk, jadi sampai di rumah perut tidak pukul-pukul genderang perang lagi

#Makanan Khas Daerah

makan-khas-daerah-bandung-murah
Batagor Bandung

Makanan khas daerah tidak akan pernah ketinggalan, mereka selalu aja menjadi idaman para penggemarnya, seperti Pempek Palembang, Rendang, Godog Jogja, Nasi Padang Dan Bubur Manado, kesemua jensi makan daerah memang hampir di setiap kota ada penjual dan penggemarnya, jadi tidak heran jikalau kangen dengan kota kelahirannya, pasti akan beli jenis makan khasnya
Dan termasuk saya, seperti saya dari U.S.A  (Urang Sunda Asli) pasti kangen dengan makan seblak, pasti yang di buru pasti seblak, walapun rasa lada, namun kuahnya itu lho yang bikin lidah menari

Nah apalah kamu ketika takjil, suka beli makan apa sih? Commen dong di bawah

*) Flaten Images From Instagram

**Happy nice day
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar