Skip to main content

Bisnis yang menguntungkan untuk mahasiswa, agar kaya di usia muda

Melihat persaingan antara sesama perncari kerja akhir-akhir ini cukup bersaing ketat, perusahaan  membutuhkan orang-orang berkompeten di dalamya, termasuk kriteria pendidikan harus spesifik, pengalaman kerja yang mumpuni dan capaian prestasi yang sudah di dapat di perusahaan sebelumnya, dan ini untuk orang yang sudah bekerja sebelumnya

nah capaian-capaian itu tentu saja perusahaan mempertimbangkan agar perusahaan nantinya tidak lagi sulit memperkerjakan mereka seperti tidak harus lagi memberi pelatihan tapi hanya mengarahkan dan langsung jalan, karena ada basic sebelumnya

melihat ketatnya persaingan di dunia kerja  saat ini kian mengkhawatirkan  telebih untuk rekan-rekan yang belum memeliki pengalaman kerja sebelumnya dan orang fresh graduate tentu saja tidak ingin ketinggalan di dunia pekerjaan, seperti calon karyawan mengupgrade kemampuannya demi memenangkan persaingan di perusaahaan yang mereka inginkan


melihat ketannya persaingan dan kita berada di barisan kurang mampu dalam bersaing, mau tidak mau kita di tuntut untuk membuat terobosan baru dan berinovasi dengan cara BERDIKARI (berdiri di atas kaki sendiri) caranya bagaimana, yaitu salah satu caranaya adalah menjadi seorang pembisnis,

Menjadi seorang pembisnis bukan hal  yang mudah bagi orang yang belum memeliki pengalamn dalam hal itu lumayan sulit, kita bisa belajar butuh pembelajaran dan keterampilan yang harus kita miliki salah salah satunya adalah pengalaman dari orang yang sudah sukes dan pengalaman langsung yang pernah kita alami

Belajar bisnis kita di haruskan belajar dari usaha kecil lalu di kembangkan sedemikian rupa sampai usaha itu berjalan dengan baik dan menghasilkan pundi rupiah

dan usaha kecil yang bisa kita jalankan adalah mulai dari saat duduk di bangku kuliah, mengapa ini penting? karena hal ini sebagai pondasi untuk maju dan dari situ banyak belajar tentang bisnis


bisnis-untuk-mahasiswa


nah di bawah ini bisnis yang bisa mahasiswa kerjakan agar mendapat penghasilan

1. Menjadi blogger


Untuk saat ini tidak bisa di pungkiri banyak menjamur orang-orang untuk membuat konten online yaitu salah satunya adalah blogger, nah kenapa orang tertarik menjadi blogr, yang menjadi alasannya adalah penghasilan yang di dapat dari blog tidak main-main dan bahkan orang yang sudah lama di dunia blogger bisa menadapat uang puluhan juta, lho yang bener aja? mungkin untuk kamu yang belum mengenal blogger tidak akan percaya, namun apabila kamu sudah memasukinya dunia bloger akan bisa meraksan manisnya dan pahitnya jadi seorang blogger

mungin pada tahap awal mengalami kebinguan mau nulis apa? tapi lambat laun bukan hal yang tidak mungkin akan mendapat pengalaman tersediri dengan cara belajar dan belajar

Baca Juga: Air surut, keindahan air Situ Cileunca justru muncul dan menarik untuk pengunjung

Nah dari mana kita bisa mendapakan uang sejumlah itu, tentunya uang yang kita dapatkan adalah dari pasang iklan di blog,  iklan yang sering kali di pakai oleh para publlisher adalah  goole adsense dan sejenisnya, sistem kita dapat uangnya adalah siapa saja yang klik iklan di situs kita kita dapat income berupa uang digital, untuk per kliknya di sesuaikan dengan kwalitas konten dan yang menilai kontek baik atau buruknya orang Google dong, semakin konten berkualitas dan klik banyak pay per clicknya semakin besar pendapatn kita, terutama blog dalam bahasa Inggris per klik iklan sampai 5k

dan tentu saja membuat tulisan yang berkualitas dan bermanfaat bisa mendatangkan traffik banyak dan bisa di confersi jadi pundi-pundi uang, yang nantinya bisa kita carikan ke Bank Lokal atau melalau Western Union via Pos


2. Bergabung dengan lembaga pelatihan Kursus


Untuk bisa bergabung dengan lembaga pelatihan kursus ini tentunya kita sudah mamapu memenuhi kriteria dan ketentuan dari lembaga yang membutuhkan kita
untuk gabung ini tentunya kamu harus sudah memeliki pengetahuan ilmu/skill yang di dapat dari kampus, misalnya kamu jurusan Pendidikan Tata boga bisa bergabung dengan lembaga tata boga

selain uang yang kita dapat dari kita kerja sambilan juga kita mendapat sejumlah pengalaman dari kerja yang nantinya biasa  jadi daya jual saat kita melamar pekerjaan di saat kamu sudah lulus nanti,terlebih kamu menduduki jabatan tertentu di lembaga tersebut tentu saja bisa jadi prioritas utama di perusaahaan yang kamu lamar

Dan selain itu jika kamu di nilai orangnya mampu bekerja dengan baik dan memeliki prestasi kerja bagus bukan tidak mungkin perusaahan yang saat ini kamu kerja bisa melirik kamu untuk di rekrut menjadi karyawan tetap

3. Jualan pisang coklat


Tidak sedikit mahasiswa yang mengerjakan usaha ini, memang sekilas kuliah sambil kerja itu kesannya kurang mengasikan dan tekesan sibuk tapi apa mau di kata jika biaya dari orang tua kurang sementara untuk memenuhi keutuhan hidup di perkotaan tidak semudah kita bayangkan

Irma misalnay dia salah satu Mahasiswa Accounting di Bandung yang berasal dari Desa Sukamaju-Talegong-Garut yang bekerja sambil kuliah, dengan membagi waktu kuliah sambil jualan pisang cokelat,kuliah yang mereka ambil adalah kelas karyawan, mungkin dengan mengambil kelas karyawan waktu lebih flesibel dan bisa di gunakan pekerjaan yang lain

kuliah sambil kerja memang sungguh mengasyikan dan menurut beliau pengalokasian waktu kerja dan kuliah cukup sempit, dan beliau membagi waktu 07.00- 17.00 bekerja di perusahaan dan jam 18.00 sampai 22.00 melanjutkan kuliah malam di kampus UNLA Bandung dan lagi-lagi sambil kuliah beliu sambil jualan pisang cokelat yang di jual antar sesama teman kampusnya

dan uniknya mahasiswa yang sebentar lagi wisuda ini tidak pernah patah semangat kuliah sambil jualan piscok (Pisang coklat) di hari mingu beliau pergunakan untuk jualan piscok dengan cara membuat sendiri di kos-kosannya di temani seorang teman.dan di hari lain untuk kerja sambil kuliah

Irma mengungkapkan harga pisang yang beliau jual tidak terlalu mahal  per 10 biji pisang cokelat di hargai 30k dan menurut beliau laku keras dan tiap kali bikin selalu laris, dan untuk pesen piscok buatan irma ini si pembeli mesti PO (Pree Order) dulu di karenana memang membuat secara dadakan dan dengan modal yang tidak begitu besar

dan usut punya usut yang membuat Irma kerja sambil kuliah plus jualan ini di kareanakan orang tua beliau sakit parah dan biaya dari orang tua cukup terbatas, namun kendatipun begitu Irma bersikeras ingin menjadi orang sukses

Nah mungkin kamu bisa tiru dengan gaya enterpreneurnya Irma ini?

4. Jadi penulis lepas


Jadi penulis lepas memang gampang-gampang sulit, gampangnya adalah  kita bisa cukup mudah mendapat rupiah dengan  cara membuat tulisan dan sulitnnya kita perlu tekun untuk mengerjakan pekerjaan yang butuh keterampilan khusus ini

jadi penulis lepas kita bisa kaya dan bahkan menjadi orang jenius, karena bagamana tidak seorang penulis tentu saja perlu memahamai segala hal, mulai dari gaya kepenulisan, tata bahasa dan diksi-diksi yang di gunakan harus baik agar enak di baca,  memang ini butuh waktu tapi dengan seiringnya waktu dan keuletan kita, pekerjaan ini bukan hal yang sulit hal lain yang perlu kita perhatikan adalah patuh terhadap aturan-aturan yang di tetapkan oleh perusaahaan

untuk menjadi  penulis lepas jika kita sudah mahir dan mampu menelurkan tulisan yang berkulitas bisa di hargai lumayan besar

untuk saat ini tidak sulit mencari situs-situs yang menerima penulis lepas dan pada umumnya adalah media online, tulisan yang kita kirim nantinya akan di saring oleh tim media dan jika sudah di anggap bagus dan memenuhi kriteria akan di muat di daring, dan kita mendapat uang, dan tentu saja semakin banyak tulisan kita dan bagus sudah di pastikan uang sudah di tangan, tinggal nunggu transferan dari media tersebut

situs yang menerima tulisan dari kita adalah seperti Babe, Kompas, detik dan situ-situs besar lainnya

tapi ada kalanya saat kita sudah cape-cape nulis panjang lebar, dan begitu di kirim malah di balikan lagi di anggap tidak memenuhi kriteria dan kurang bermanfaat, tapi walau begitu sebagai mahluk yang tangguh jangan patah semangat dan terus berjuang,

nah bagaimana saat kirim artikel malah tidak lolos untuk di muat, kita perlu belajar di tingkatkan dan lebih banyak agar tulisan yang kita kirim bisa di muat

yang jelas tidak ada usaha yang sia-sia selama kita berjuang


5. Youtuber


Tahuukan Ata Halilintar yang saudaranya banyak itu, untuk kamu yang aktif di sosmed masa gak tahu sih? itu yang youtuber yang subscribenya samapi 10 juta, ? tahu kan?
hmm jangan-jangan kamu gak tahu deh? wkwkkw

nah jika kamu memeliki keingin untuk terkenal di dunia maya dan sekaligus menghasilkan duit dari internet, kenapa tidak kamu terjun ke dunia Youtuber, menjadi seorang youtuber tidak perlu skilk khusus atau pelatihan khsusu , kita hanya perlu menampilkan apa yang kline mau, itu saja? memang kesannya mudah namun apabla sudah terjun kesulitan pasti ada


jadi seorang youtuber dan mendapatkan uang banyak itu memeng tidak mudah, butuh kerja keras untuk menelurkan konten video yang berkwalitas dan berguna,

konten yang banyak penonoton biasanya konten yang memberi manfaat untuk penontonnya, misalnya apabila kamu skill memasak, bikin video tentang cara-cara memasak yang baik, atau seperti teman saya beliau jago bikin anime, juga bikin videonya dan initnya apa keahlian kamu coba di buatkan dalam bentuk video semenarik mungkin dan setelahhnya di upload ke youtube, insya allah  apabila kontennya bagus akan mendapat apresiasi  dan subcribe yang  berjibun, asalkan video yang kamu bikin bermanfaat atau menghibur untuk penonton

terus uangnya dari mana kok jadi bisa dapat uang dai youtube? seperti halnya blogger aja, kita sapat uang dari iklan, jadi semakin banyak vdeo dan penonton maka kemungkinan klik iklannya tinggi, dan pendapatan uang yang kita dapat semakin banyak, mau?

untuk manjadi youtuber terkenal sudah saya katakan tadi memang tidak mudah, dan belum lagi berbenturan dengan aturan baru dari Google, misalnya kita bisa tayang iklan di channel kita dengan syarat harus tayang selama 4000 jam plus subscribenya harus mencapai 1000, nah jika kita tidak  mencapai segitu kita kudu sabar dan terus berusaha untuk membuat video lebih banyak untuk menarik  subscirbe, dan kita perlu pahami tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras

kunci jadi youtuber adalah sabar, kerja keras, update ilmu dan berikan yang terbaik untuk penonton setia

Nah kelima ini mana sih yang mau kamu lakukan dan di kira mudah?

** Happy nice day
Comment Policy: Hallo salam sukses untuk kita semua, GOD BLESS YOU.
Buka Komentar
Tutup Komentar