Skip to main content

Tempat wisaya yang lagi hit di Pangalengan: Wayang Windu

Sudah bosan rasanya kita diam di rumah sudah sekian lama, dan ini terjadi karena adanya si covid yang merajalela yang memaksa kita untuk diam di rumah dalam jangka waktu lama

Alasan yang paling utama lagi kita diam di rumah adalah himbauan dari pemerintah bahwa semua warga mengharuskan untuk sementara #workfromhome rumah ini terjadi untuk mengurangi penyebaran covid-19

pekerajaan tiap hari terutama untuk anda yang sudah berkeluarga hanya mengurus rumah atau mungkin urus anak, dan tiba saatnya bosan hanya scroll sosmed, dan kegiatan ini terus berulang tiap hari dalam jangka wakut yang tidak di tentukan, dan apakah ini tidak membuat kita tidak bosan, pasti bosan kan?

Pada bulan lalu secara tidak sengaja saya buka Instagram (IG), saya memeliki akun IG sudah cukup lama dan semejak IG itu di luncukkan, saya sudah daftar IG duluana karena pada waktu itu hanya ikut-ikutan teman kerja sebenarnya, selang beberapa bulan atau tahun saya amati pengguna IG semakin banyak terutama di kalangan anak milenial ternyata IG itu makin rame dan banyak photo-photo keren berseliweran yang di upload para penggunanya 


Suatu ketika saya, kebetulan membuka IG dan sebetulnya saya di kategorikan orang yang jarang buka sosmed ini karena seringnya buka Facebook dan twitter, dan kebetulan juga begitu buka Instagram langusng melihat photo pemandangan indah dengan panorama hamparan teh hijau yang membengtang luas, dan saya pikir ini di perkebunan Cukul atau Kertamanah dan setelah saya telusuri memang tempat wisata itu berasa di panglengan, tapi ko aneh ada asap yang membungbung tinggi ke atas berdiri bangunan yang di bikin untuk selfie pula, dan setelah saya lihat terus dan di perjelas ternyata asap kawah berapi

Untuk mengurangi rasa penasaran di cek terus ternyata banyak caption #kebuntehkertamanah, #wayangwindu, #pangalengan, dan lain sebagianya betul photo tersebut lokasinya memang ada di Pangalengan Bandung yang lokasinya idak jauh dari tempat wisata Cibolang Pangalengan yang pernah saya kunjungi tempo hari

Ternyata dan ternyata tempat wisata wayang windu sedang hit di sosmed Instagram, dan pantas saja teman kerja saya menanyakan tempat itu

Tidak lama setelah itu saya chat dan send photo itu ke teman sekolah waktu SMA dan menanyakan tempat itu ada dimana, dan dia menjawab ada di Pangalengan

Dan saya pikir saya harus ke sana nih, wkwk,, tidak lama kemudian saya merencanakn untuk pergi, dan saya pikir wayang windu pemandangannya lumayan bagus dan indah untuk di kunjungi dan sekedar mencari informasi tambahan mengenai tiket saya cek di sosmed orang-orang dan untuk mendapatkan info mengenai rute, tiket masuk dan lain -lain

Pada tanggal 2 Juli 2020 akhrinya saya merealisasikan untuk pergi ke wayang windu pangalengan, dan ini memang sudah di rencanakan jauh-jauh hari, saya perg lebih memilih menggunakan sepeda motor ketimbang naik mobil kaena itu tadi setelah baca-baca karena kondisi jalannya yang belum di aspal

saya pergi jam 09.00 dari bandung sampai di Kota Banjaran sekitar pukul 9.30 dan perjalana cukup cepat sih dan memang keadaan jalan lagi lowong mungkin mereka masih takut korona beda dengan saya, kalau aya calm dan santuy tapi tetap masih mengindahkan protokol kesehatan lho ya


Sumber Gambar : rsnti21


di Banjaran berhenti sejenak hanya untuk beli minum dan sepotong roti tawar sebagai bekal perjalanan dan singkat cerita sampai di kota Pangalengan sekitar pukul 10.45 agak lama sih tapi lumayan di jalan tidak ngebut nyantuy di jalannya sambil ngobrol juga sih karena pergi bersama teman hati, jadi gak buru-buru gitu

Di Pangalengan diam sejenak hanya sekedar beli camilan kecil dan makanan khas Pangalengan, karena kata pasanang saya ingin mencicipi susu murnin, biasa sih habis dari perjalan jauh mungkin dia agak haus, ya udah sanai dulu di pangalengan kurang dari 10 menit di lanutkan lagi perjalan menuju lokasi wisata

Tidak lama duduk dan melanjutkan perjalanan lagi menuju ke perkebunan kertamanah, nah untuk kamu yang belum tahu arahnya kemana? setelah sampai di kota Pangalengan akan menemukan pertigaan, nah dari situ jangan belok kanan apabila kamu dari arah Bandung, tapi ambil arah kiri, lanjut aja terus kurang lebih 1 Km sampai Paledrome, dari Paledrom kita mengikuti petunjuk lokasi ke perkebunan teh Kertamanah dan apabila kamu mengambil arah kanan akan menuju ke pemandian air panas Cibolang

kurang dari sekitr 4 Km menyusri pemukiman penduduk ada bedeng-bedeng (rumah berderet untuk para pekerja pekebunan teh) kita akan menemukan kembali peertigaan dan kita harus ambil ke arah kana dan apabila kamu merasa ragu boleh bertanya ke warga, nah dari situ lanjut terus mendekati asap yang membungung tinggi ke atas itu adalah kawah wayang windu, nah dari geotermal tersebut tidak jauh dn kurang dari 1 km ke lokasi wayang windu, (tempat tujuan kita)

Akses jalan


Akses jalan menuju wayang windu sudah bagus hanya saat mendekati wayang windu kondisi jalan menanjak dan koral yang belum tersentuh aspal, jadi untuk kamu yang bawa mobilnya masih blepotan kudu hati-hati karena bisa berpotensi mogok atau oleng, dan lumayan jauh lebih kurang 1 Km dalam keadaan menanjak

Tiket masuk wayang Windu Pangalengan

Tiket masuk wayang windu lumayan murah hanya Rp 10.000/orang, dan apabila kamu tidak ingin bayarpun sepertinya bisa mencari jalan tikus tapi perbuatan ini tidak saya di sarankan ya gays,, ya itung -itung nymbang untuk fasilitas pembangunan, niatin beramal aja gitu lho

Fasilitas

Untuk fasilitas lumayan lengkap, ada kamar mandi, mushola sederhana masuk 4 orang, tempat cuci, wc tangan, warung kecil dll

Tempat parkir


Di wayang windu untuk tempat parkir lumayan luas baik untuk kendaraan roda empat dan roda dua, untuk roda empat di sediakan lahan yang luas dan bisa menampung puluhan mobil tapi untuk kamu yang menggunakan moda transfrotasi bus tidak bisa, karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan, hanya kendaraan pribadi dan sepeda motor, untuk tiket parkir di hari kerja Rp 2000/ kendaraan untuk  roda empat Rp 5.000

Nah itu ya sekilas sederhana yang bisa saya bagolam dan untuk kamu yang berencana liburan ke wayang windu pangalengan di usahakan di hari sabtu dan minggu dan untuk hari kerja kurang begitu ramai dan selain itu menghimbau untuk kamu yang nyetirnya masih belum mahir jangan dulu deh, lebih baik pakai sepeda motor aja, karena kondisi jalannya yang begitu (maksudnya masih koral saat mendekat tempat wisata saja)

*** Happy nice day
Comment Policy: Hallo !! Salam sehat untuk kita semua, salam kenal dari Blogger Cisewu-Garut.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->