Skip to main content

Pengalaman cara membuat NA (Surat Numpang Nikah di Kota Bandung) Kelurahan Bojongloa Kidul

 Hallo salam sukses untuk kita semua ya,,

oke kali ini aku akan share pengalaman mengenai cara mengajukan atau permohonan surat nikah, nah untuk kamu yang akan melangsungkan nikah adanya surat NA ini sangat penting di kanongi oleh calon pengantin karena bagai mana tidak jika kamu tidak menganongi surat NA kamu tidak akan bisa melangsungkan pernikahan dan tidak akan tertulis di kantor Agama dna tidak adakn mendapat surat Nikah

Salah satu syarat penting yang perlu kamu penuhi adalah adanya NA, surat NA di dapatkan dari KUA (Kantor urusan Agama) setempat dan tiap kecamatan sudah ada kantornya masing-masing

jadi jika kamu ragu boleh menanyakan ke saudara kamu yang sudah pengalaman

penting juga di perhatikan sebelum mengajukan NA harus tahu tanggal berapa pernikahan itu dilaksanakan

cara-membuat-NA-Kota-Bandung


sedikt share pengalaman saya saat mengurus surat NA di Bojongloa Kidul Kota Bandung

1. Mendatangi Pak RT

Sebelum datang perlu kamu persiapkan adalah Photo copy KTP, Photo Copy KK (Kartu Keluarga) dan materai 2 buah harga Rp 6000

Nanti si Pak RT akan menanyakan KTP dan KK  masing-masing  1 lembar

.. tunggu beberapa menit pa RT akan mengisi hal-hal yang di butuhkan oleh kita, 

kita juga di minta untuk mengisi surat keterangan masih bujang (bila kamu masih bujang), di isi oleh kita, dan lalu di tanda tangan oleh dua saksi (bisa kaka, saudara) dan oleh calon pengantin pria , lalu di tempel materai 2 lembar Rp 6000.atau 1 materai dengan Rp 10.000, surat keterangan masih bujang disediakan oleh pak RT

dan apabila sudah selesai di pa RT, kamu selanjutanya di persilahkan untuk mendatangi pa RW untuk tanda tangan dan cap basah

Pengurusan di RT dan pak RW semuanya gratis, dan apabila kamu ada rezeki dan ikhlas boleh deh membawa camilan, kalau saya sih mendingan beli kue aja yang murah wkwkk,,

2. Mendatangi Kelurahan

Tahap selanjutna yang harus kamu penuhi adalah mendatangi kantor kelurahan sesuai KTP kamu, nah di sini kamu di usahakan datang lebih pagi terlebih di masa pandemi gini kadang kantor desa aktif melayani masyarakat sampai pukul 12.00, karena mungkin dengan alasan musim pandemi

Untuk persyaratanya, kamu  bawa lembaran yang di dapat dari RT dan RW tadi lalu masukan ke dalam maps, 

di tahap kelurahan adalah yang kamu perlu pesiapkan adalah

1. Photo copy KTP calong pengantin Pria (CPP)

2. Photo copy KTP calon pengantin Wanita (CPW)

3. Photo copy KK dari CPP

4. Photo copy KK dari CPW

5. Izasah CPP

6.Akte kelahiran CPP

nah di kelurahan kamu akan di tanya tanggal berapa di langsungkannya pernikahan, dan ini penting dan di cantumkan di dalam surat

nah dari kelurahan nanti di arahkan untuk mendatangi ke KUA kecamatan dan jiga pihak kelurana tidak mengarahkan boleh deh nanya aja ke petugasnya 

Untuk  di kelurahan jikalau tidak mengantri paling kurang dari 20 menit sudah beres dan GRATIS,,!!

3. Mendatangi Kantor KUA

hmm,, deg degan di sini nih wkwk,,,Untuk tahap ini adalah tahap terakhir , persyaranyang perlu kamu persiapkan adalah 

1. Photo ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar dengan backgorund biru

2. photo ukurang 2x3 sebanyak 3 lembar dengan background biru

3. surat dari kelurahan  N1, N2 dan N4 yang di dapat dari kelurahan tadi

4. Photo copy Akte/Izasah 1 lembar 

5. siapkan uang seikhlasnya dan tidak ada patokan nominal, mungkin untuk uang donasi atau apa  ya, saya kurang tahu yang jelas jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil, menurut saya Rp 50.000 juga sudah cukup kok,

Nah kamu nunggu beberapa menit jika tidak mengantri kurang dari 20 menit pun sudah beres, dan kebetulan kalau saya di kantor KUA Bojongloag Kidul kurang dari 15 menit sudah kelar, karena pada saat itu orang yang mengajukan pernikahan tidak begitu banyak jadi semakin cepat dan mudah

oyah sebelum kamu menyerahkan lembaran dari kelurahan itu di photocopy dulu sebanyak  1 kali ya, dan katanya sebagai arsip di kantor KUA setempat

nah itu ya pengalaman saya, jiga kamu merasa ragu boleh deh nanya di kolom komentar di bawah


** Happy Wedding 

Comment Policy: Hallo !! Salam sehat untuk kita semua, salam kenal dari Blogger Cisewu-Garut.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->